Manfaatkan Kesempatan Membeli Oleh – oleh Ketika Berkunjung Ke Istana Kepresidenan RI

Setiap tahun di Istana Kepresidenan RI membuka kunjungan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung untuk melihat kemegahannya. Begitu pun di tahun 2016 kali ini menjelang Hari Jadi ke-354 Kota Bogor yang membuka wisata ke Istana hingga tanggal 31 Mei. Mengingat terbatasnya momen tersebut maka Anda jangan sampai kelewatan untuk berkunjung ke Istana dan membeli oleh – oleh khas Istana Bogor. 

Setelah Anda berkeliling menelusuri seluruh bagian Istana Kepresidenan RI di Bogor, maka nantinya Anda dan wisatawan lainnya yang berkunjung akan diantar kebagian belakang. Di bagian belakang terdapat Museum Kepresidenan RI Balai Kirti dan Sentra Oleh – oleh Istana Bogor. Berbagai souvenir berlogo Istana yang hanya terdapat di lingkungan Istana, bisa kamu temukan disana. Menurut salah satu penjaga sekaligus pengelola koperasi Istana Bogor, Saptilah, ia  menuturkan jika sentra oleh – oleh tersebut dikelola oleh anggota koperasi Istana. Oleh – oleh yang dijual pun beraneka ragam, mulai dari berbagai atribut Istana yang boleh dibawa keluar dan biasanya untuk keluarga besar Istana seperti jaket kulit resmi Istana, topi, kaos, pin dan sticker. Berbagai atribut istana tersebut juga dikombinasikan dengan berbagai cendera mata khas Bogor lainnya seperti replika kujang senjata tradisional Bogor, miniatur tugu kujang, hingga mainan kijang Istana Bogor.

Harga dari berbagai cenderamata yang dijual itu bervariasi mulai dari Rp 10.000 untuk sticker Istana Kepresidenan, topi Rp 50.000, Kaos Rp 75.000 – Rp 85.000, hingga jam tangan khusus dan jaket istana Rp 200.000. Sedangkan untuk miniatur – miniatur tugu kujang dan Istana Bogor, dijual mulai Rp 200.000 hingga Rp 400.000 yang berukuran mencapai tinggi 30 centimeter. Menurut Saptiah, berbagai barang yang dijual di sini banyak yang merupakan buatan perajin UMKM masyarakat lokal seperti hiasan kijang istana dari kayu, pin kujang dari kuningan, kipas, dompet, dan masih banyak lagi.

Pusat cenderamata ini mengikuti waktu kunjung di Istana jadi untuk Anda yang ingin berkunjung membeli oleh – oleh hanya bisa berkunjung di momen tertentu saja namun Anda juga bisa berkunjung ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti setiap hari kecuali hari Senin. Dengan mengajukan surat elektronik (email) ke [email protected] terlebih dahulu Anda sudah bisa berkunjung ke kawasan Istana Bogor tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.