Ingin Melepaskan Penat di Kota Bogor? Kesini Aja Yuk!

Kota Bogor meskipun terkenal degan julukan Kota Hujan namun siapa sangka justru kota yang satu ini memiliki destinasi wisata alam yang indah dan mempesona. Tak heran jika Kota Bogor dijadikan sebagai salah satu kota tujuan ketika hari libur tiba untuk melepaskan penat setelah sepekan beraktivitas di kantor. Lokasinya yang berada di dekat pegunungan dan perbukitan membuat kota yang satu ini kaya akan curug atau lebih terkenalnya dengan air terjun yang cantik. Berikut beberapa destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi selama berada di Kota Bogor, diantaranya adalah:

1. Gunung Peyek

Gunung Peyek bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata kamu ketika akhir pekan tiba. Pasalnya di kawasan ini terdapat pemandian air panas alami  yang dapat menentramkan seluruh sel – sel yang ada di tubuh. Pemandian air panas ini masih sangat alami tanpa bantuan manusia namun sangat disayangkan jika lokasi wisata ini tidak terlalu diperhatikan oleh pemerintah setempat. Tempat ini masih dipenuhi dengan aktivitas belerang yang masih aktif dan aromanya pun masih menguar nyata. Disini terdapat 3 kolam yang bisa digunakan untuk pemandian.

2. Curug Leuwi Lieuk

Jika kamu ingin melihat suasana yang hijau, jernih dan ditambah lagi dengan udaranya yang segar maka bisa berkunjung ke arah Sentul atau Citeureup. Disana terdapat tiga curug yang berada dalam satu kawasan dan menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona diantaranya adalah Curug Leuwi Lieuk, Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong. Kalau kamu ingin berkunjung ke Curug Leuwi Lieuk maka kamu harus berhati – hati karena curug tersebt memiliki medan yang cukup curam namun semuanya akan terbayar jika kamu sudah sampai ke lokasi nya. Curug Leuwi Lieuk berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Curug ini memiliki tiga titik untuk meloncat dengan tinggi mulai dari 3 m, 5 m , hingga 7 m dan memiliki kedalaman sekitar 4 m. Untuk menikmati keindahan Curug Leuwi Lieuk ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 ribu saja, namun jika kamu membawa kendaraan maka kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5 ribu untuk motor dan Rp. 10 ribu untuk mobil.

3. Curug Ciung Cibaliung

Selain Curug Leuwi Lieuk ada juga Curug Ciung Cibaliung yang bisa kamu kunjungi ketika berkunjung ke Bogor. Lokasinya pun masih berada di kawasan Leuwi Hejo dan membutuhkan waktu trekking sekitar 1 hingga 1,5 jam untuk sampai ke kawasan ini. Keindahan alam yang bisa kamu lihat di curug ini adalah warna airnya yang sangat cantik dan akan lebih cantik ketika musim panas tiba. Lokasi nya berada di Jalan Gunungwangun Kampung Cibereum Desa Cibadak. Untuk tiket masuknya pun cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 15 ribu dan biaa parkir sebesar Rp. 5 ribu untuk motor dan Rp. 10 ribu untuk mobil.

4. Curug Ciherang

Bogor dengan wisata seribu curugnya selalu menjadi tempat wisata banyak orang untuk berkunjung ke kota yang satu ini. Satu lagi curug yang ada di Bogor yang menwarkan keindahan alamnya adalah Curug Ciherang. Saat ini Curug Ciherang ramai dikunjungi oleh para pengunjung  pasalnya di kawasan ini tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja namun juga terdapat spot yang sangat menarik yaitu sebuah rumah pohon yang sangat unik dan menjadi salah spot menarik untuk berfoto. Curug Ciherang berlokasi di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Untuk menuju ke sana kamu bisa memulai perjalanan dari daerah Jonggol.

5. Alun – Alun Suryakencana

Alun – alun Suryakencana merupakan padang seluas 50 hektar yang berada di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut dan terdapat banyak nya bunga edelweis yang tumbuh subur dan cantik. Tapi bunga – bunga edelweis ini tidak bisa kamu petik sembarangan ya, namun meskipun tak diizinkan untuk mengambil sebatang pun bunga edelweis namun kamu masih bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama bunga edelweis. Alun – alun Suryakencana ini berada di Taman Nasional Gunung Gede dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi tersebut. Di kawasan tersebut tidak tersedia fasilitas seperti toilet dan suhu udara di sini bisa mencapat minus 2 derajat di waktu subuh.

6. Danau Dora

Keindahan lainnya yang bisa kamu kunjungi selama di Kota Bogor adalah Danau Dora. Danau Dora berada di kawasan kompleks LIPI Cibinong dan merupakan Ecologi Park yang termasuk ke dalam perluasan Kebun Raya Bogor dengan tujuan untuk pemeliharaan tanaman. Danau Dora ini letaknya berada tak jauh dari Jalan Raya Bogor yang begitu tenang dan damai. Tambah lagi, di atas danaunya dilengkapi berbagai teratai cantik yang bisa dijadikan objek foto. Tak sedikit juga anak – anak yang menggunakan tempat ini untuk mandi. Namun, kebanyakan orang mengunjunginya untuk duduk cantik dan sebagai tempat bermain anak-anak.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.