Hobi Naik Gunung? Berikut Ada Beberapa Makanan dan Minuman Ringan yang Bisa Dibawa Saat Mendaki

Saat ini aktivitas mendaki gunung sudah sangat digemari oleh siapapun baik laki – laki maupun perempuan, anak – anak, hingga orangtua sekalipun. Beberapa gunung yang sudah cukup terkenal dan banyak di jelajah oleh kebanyakan orang adalah Gunung Prau, Gunung Papandayan, Gunung Semeru, Gunung Unggaran, dan lain sebagainya. Tapi sayangnya kepopuleran aktivitas tersebut tak sama dengan pemahaman yang diberikan kepada para pendaki misalnya seperti asupan makanan yang harus disantap ketika di gunung. 

Biasanya para pendaki memilih makanan instan yang gampang diolah seperti mie instan yang memiliki kalori tidak terlalu banyak dan alhasil kamu akan cepat merasakan kelaparan. Nah, berikut ada beberapa makanan dan minuman ringan yang bisa kamu bawa saat mendaki gunung, diantaranya adalah:

1. Sereal Bars
Sereal Bars merupakan snack ringan yang sangat cocok dijadikan sebagai cemilan atau sebagai menu alternatif ketika kamu merasakan lapar. Memiliki bentuk persegi panjang dan terbuat dari biji – bijian sereal seperti gandum, rye dan beras sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan kamu.

2. Sereal
Namanya memang hampir mirip dengan sereal bars, namun cara memakan sereal berbeda dengan sereal bars. Sereal disajikan dengan campuran susu, air atau yoghurt. Sereal kaya akan karbohidrat sehingga dapat memberikan banyak energi dan cocok untuk kamu yang ingin mendaki gunung.

3. Biskuit Gandum
Meskipun makanan yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil namun kandungan karbohidrat di dalamnya memberikan energi tambahan untuk mendaki gunung.

4. Cokelat Batang
Makanan lainnya yang bisa kamu bawa adalah Cokelat Batang. Cokelat Batang banyak mengandung kalori dan dapat menggantikan energi yang terbuang saat kamu mendaki.

5. Susu Bubuk
Tak jauh berbeda dengan kandungan gizi yang terdapat di dalam susu cair, susu bubuk juga dapat menambah energi untuk kamu yang akan mendaki gunung. Yang membedakan hanyalah cara pembuatannya saja yaitu susu bubuk dibuat dengan cara menguapkan susu cair hingga mengering.

6. Oralit
Oralit juga sangat penting dan wajib harus dibawa saat mendaki. Saat kamu mengalami dehidrasi maka kamu bisa langsung mengkonsumsi cairan ini untuk menghilangkan rasa dahaga kamu.

7. Buah
Jika kamu senang mengkonsumsi buah maka tak ada salahnya jika kamu membawa buah dari rumah seperti apel, jeruk, atau pir. Di dalam buah banyak terkandung serat dan air sehingga mampu menghilangkan rasa dahaga kamu ketika mengalami dehidrasi.

Share this:

Leave a comment