Gunung Panongan, Salah Satu Spot Pendakian di Jawa Tengah yang Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Jawa Tengah sangat dikenal sebagai salah satu tempat yang menawarkan beraneka ragam jenis obyek wisata mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam hingga wisata kuliner terdapat disini. Tentunya kamu tidak akan menyesal jika menghabiskan waktu liburan kamu dengan berkunjung kesini. Salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk kamu kunjungi adalah Dieng. Kawasan pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah dan merupakan sebuah obyek wisata alam yang dapat kamu daki.

Keindahan alamnya pun tak kalah dengan keindahan yang ditawarkan oleh obyek wisata Gunung Bromo. Bagi kamu yang hobi mendaki, kawasan ini mungkin cocok untuk kamu coba. Di kawasan Dieng ada beberapa gunung yang cukup dikenal, diantaranya adalah Pakuwajan, Bukit Sikunir dan juga Prau. Gunung – gunung tersebut sering sekali dijadikan spot untuk mendaki oleh para pendaki. Namun ada salah satu lagi yang jangan sampai kamu lewatkan yaitu Gunung Pangonan. Mungkin beberapa diantara kamu masih sangat asing jika mendengar gunung yang satu ini karena memang kawasan ini belum pernah dijadikan sebagai spot mendaki. Gunung Pangonan baru saja resmi dibuka pada tanggal 18 Februari 2016 yang lalu bersamaan dengan sebuah perayaan adat Tawur Agung umat Hindu yang ada di sekitar gunung tersebut.

Jika kamu lihat dari beberapa segi, memang kawasan gunung yang satu ini tak jauh berbeda dengan kawasan Gunung Bromo yang dimana kebanyakan masyarakat sekitar kawasan tersebut memeluk agama Hindu. Masyarakat sekitar sering sekali mengadakan serangkaian upacara adat sebagai bentuk penghormatan kepada penguasa. Meskipun kawasan ini terbilang baru namun nyatanya gunung ini menawarkan beberapa spot mendaki yang sangat lengkap mulai dari fasilitas area parkir yang sangat luas hingga beberapa pos pendakian yang sudah memadai. Jadi bagi kamu yang memiliki hobi yang satu ini bisa mengajak rombongan secara langsung untuk mencoba mendaki gunung tersebut.

Spot pendakian di kawasan ini cocok bagi kamu yang masih pemula, jadi tak hanya pendaki yang sudah mahir saja yang bisa mendaki karena area perjalanan di Gunung Pangonan cukup mudah untuk dilalui dan tidak terlalu terjal. Waktu yang diperlukan untuk sampai kepuncaknya pun hanya membutuhkan sekitar 30 menit saja, tapi bagi pemula bisa bertambah lagi waktunya. Tidak hanya sekedar mendaki saja, tapi kamu juga bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Kawasan yang satu ini memiliki keunikan di bandingkan gunung lainnya, misalnya saja pada Gunung Prau yang hanya dapat menikmati panorama indah. Kemudian Sikunir yang cocok untuk melihat sunrise sehingga pendakian lebih baik dilakukan pada pagi hari.

Di kawasan Gunung Pangonan kamu bisa melihat pemandangan yang berbeda yaitu kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan juga tenggelam. Pemandangan indah ini sangat sayang sekali jika kamu lewatkan. Dari bagian puncaknya sendiri kamu dapat melihat sebuah padang rumput hijau dan Sejauh mata memandang akan tampak hamparan rerumputan yang sangat menyegarkan mata.

Berbeda jika kamu melihat pemandangan rerumputannya pada musim kemarau justru akan jauh lebih indah karena akan tampak seperti padang sabana. Tidak hanya untuk yang hobi mendaki saja yang bisa datang ke kawasan gunung yang satu ini melainkan juga cocok buat kamu yang hobi fotografi yang dimana gunung bisa dijadikan sebagai obyek yang sangat pas untuk diabadikan. Selain berlibur di Dieng, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa situs Candi yaitu Candi Pangonan yang berada di dalam kompleks wisata Candi Arjuna. Kawasan tersebut searah dengan pendakian kamu yaitu tepatnya berada di belakang bukit. Puas dengan pemandangan di bagian puncak, nantinya setelah kamu turun masih akan dimanjakan lagi dengan pemandangan Kawah Sikidang.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.