Pesona Wisata Gunung Api Nglanggeran, Yogyakarta

Sebagian besar orang ketika sedang berkunjung ke Yogyakarta mungkin hanya berpikiran bahwa objek wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi adalah Keraton dan Malioboro. Padahal masih ada banyak sekali tempat wisata lain yang bisa kita kunjungi dan tidak kalah menarik dengan objek wisata yang biasanya kita kunjungi. Tempat wisata yang bisa kita kunjungi adalah gunung api purba Nglanggeran. Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini sudah ada jalur khusus yang bisa menghubungkan kita dengan tempat ini.

Akses ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Memulai wisata ke tempat ini bisa kita mulai dengan melakukan pendakian yang tidak berat dari Nglanggeran menyusuri segala hal yang mungkin jauh dari pusat kota. Hamparan persawahan dan terasering akan kita temukan dan akan menghiasi sepanjang perjalanan. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah hamparan magma yang telah membeku selama 60 juta tahun silam. Tempat ini juga terbentuk dari batuan yang ada di kedalaman bumi dan juga membeku dan terdiri dari batuan andesit, breksi andesit dan juga lava.

Gunung ini memang belum banyak dikunjungi orang karena belum banyak dari mereka yang tahu. Letak gunung ini sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Awalnya memang lokasi ini merupakan sebuah lautan namun karena ada terangkatnya sebuah lautan ini dan pada akhirnya menjadi sebuah daratan yang bisa dikunjungi manusia.

Bagi yang penasaran dengan tempat ini tidak usah khawatir karena pendakian ke tempat ini tidak akan seberat seperti yang kita bayangkan. Kita hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih kurang dari 2 jam untuk bisa sampai di tempat ini. Jalan di jalur pendakian pun sudah terbilang cukup baik dengan sudut kemiringan yang terkadang mencapai 45 derajat. Sudah ada juga anak tangga kecil yang bisa kita lewati.

Perjalanan pendakian

Ketika melakukan pendakian ke tempat ini kita akan menemukan beberapa rintangan juga yang akan membuat perjalanan semakin menyenangkan. Pada saat sudah memulai pendakian, kita akan menemukan sebuah pendopo yang ditujukan untuk beristirahat. Setelah melanjutkan perjalanan kita akan menemukan jalur lain yaitu sebuah celah yang sempit di tengah perbukitan. Ini sering disebut sebagai Bukit Bagong. Disini kita harus menaiki anak tangga untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Jika sudah akan sampai pada sebuah bukti dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Kita akan melihat sebuah dusun yang unik dimana hanya dihuni oleh 7 orang kepala keluarga. Udara diatas puncak ini memang segar dan sangat membuat kelelahan akibat pendakian akan hilang.

Hamparan hutan pinus

Setelah puas berada di puncak, kita bisa bergerak ke sebelah timur dari Gunung Nglanggeran dan melihat Embung Nglanggeran. Ini merupakan tempat untuk melihat hamparan pemandangan yang indah dimana kita juga bisa melihat hamparan pegunungan Kidul dan hamparan awan.

Jika merasa lapar tidak perlu khawatir karena ada Rumah Makan Seger Waras yang akan memanjakan lidah kita dengan makanan khas Jawa Tengah dan sambal terasi yang sangat menantang.

Setelah puas makan kita bisa menuju ke kawasan Hutan Pinus Becici dan Mangunan. Banyak disediakan hammock yang akan membantu kita bersantai di tempat ini. Menikmati udara di kawasan ini merupakan pilihan yang sangat baik. Selain itu lokasi ini juga sering kali dijadikan sebagai objek untuk berfoto dan melakukan beberapa shooting film. Jadi jangan sampai tertinggal sensasi berada di kawasan yang jauh dari hiruk-pikuk kota ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.