Air Terjun Tirta Ramba, Keindahan Alam yang Mempesona di Kota Baubau

Kepulauan Indonesia memang memiliki jumlah gunung terbanyak yang ada dunia, tak hanya yang sudah mati melainkan juga yang masih aktif, tak jarang hal ini menciptakan tawaran wisata tersendiri yang menarik perhatian turis mancanegara, apalagi yang hobby menjelajah gunung dan menaklukkan puncaknya. Jumlah antara dataran rendah dan tinggi memang dikatakan cukup merata untuk tiap wilayahnya sehingga tak sulit bagi Anda menemukan hal-hal baru yang akan memanjakan mata.

Selain dengan mendaki masih banyak lagi tawaran obyek wisata yang menarik untuk disinggahi, termasuk diantaranya bagi kamu yang menggila air terjun. Jatuhnya aliran air dari dataran tinggi menuju ke kawasan yang lebih rendah, apalagi pada daerah yang berbatu memang sering kali menciptakan fenomena alam indah yang satu ini, yaitu air terjun. Kamu akan menemukan sensasi berbeda saat mengunjungi beberapa kawasan wisata tersebut, nah selain Malang dan juga Bandung yang terkenal dengan beragam curugnya, ada sebuah kawasan di Sulawesi Tenggara yang nyatanya juga tawarkan keindahan air yang jatuh ke dataran rendah tersebut, tepatnya berada di , Kota Baubau.

Terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian 12 meter dari tanah yang sangat indah, bahkan kebanyakan pengunjung yang datang juga bukan hanya dari dalam kota Baubau saja, melainkan luar kota yang penasaran dengan keindahan obyek tersebut. Nah kamu akan menjumpai pepohonan yang tumbuh subur di sepanjang kawasan tersebut, tak hanya itu, daerah sekitar juga merupakan aliran sungai, sehingga cukup sepi, jauh dari keramaian kota besar.

Perlu diketahui bahwa kawasan wisata yang juga dijadikan sebagai taman nasional tersebut memiliki aliran sungai yang cukup deras, pada saat musim hujan tiba tingkat ketinggian sungai yang ada di bawahnya bahkan cukup besar sehingga cukup jangan pengunjung yang berani untuk mandi atau berenang, namun juga tak perlu khawatir karena cukup dengan melihat keindahannya dari bawah saja kamu akan merasa sangat termanjakan, kebanyakan yang datang tak segan untuk menggelar tikar dan duduk – duduk santai, suasana cukup sejuk bahkan damai untuk sekedar beristirahat.

Datang kesini juga tak lengkap jika kamu tak ikut serta dalam mengabadikan gambar, pemandangan daerah sekitar sangat indah, penuh dengan pepohonan hijau dan gemericik air sungai. Bentuk dari air terjun yang satu ini juga cukup unik karena meski tak terlalu tinggi namun melebar, jika umumnya air yang jatuh dari pegunungan juga akan berwarna sangat putih nan bening maka tidak dengan air terjun Tirta Rimba, ia justru nampak cukup gelap, apalagi saat kamu berkunjung di kala musim hujan tiba, maka warna airnya sangat kecoklatan, seperti ada campuran lumpur di setiap butiran air yang jatuh, mungkin itu juga menjadi salah satu alasan kurang banyak masyarakat yang tertarik mendaki di bawahnya.

Untuk mencapai ke kawasan tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil atau juga motor. Mengingat memang belum ada angkutan umum yang akan secara langsung membawa kamu kesana, namun karena pemerintah sendiri sudah meresmikannya sebagai salah satu destinasi wisata alam yang ada disini, jalanan yang digunakan juga cukup mudah untuk dilalui kendaraan, membutuhkan waktu 40 hingga 60 menit untuk menuju ke lokasi, akan cukup ramai dengan pengunjung kala weekend dan liburan sekolah tiba.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.