Gulai Sapi Legendaris khas Yogyakarta yang Berada di Tugu Pal Putih

Wisata kuliner di Kota Yogyakarta merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Di kota ini kamu bisa menemukan banyak tempat wisata kuliner yang menjajakan makanan dengan harga terjangkau namun tidak mengurangi kualitas rasa dan ciri khas nya seperti salah satunya adalah Gulai Sapi Tugu Pak Samin. Berada di lokasi yang cukup strategis yaitu di pojokan Tugu Pal Putih Yogyakarta atau tepatnya berada di emperan toko peralatan tulis ” Murah “. 
Meskipun menempati tempat yang cukup sederhana, namun kedai ini selalu ramai oleh pengunjung dan membuat para pelanggannya datang kembali. Tak hanya lokasi nya yang strategis, kedai ini juga sudah cukup legendaris di kalangan masyarakat Yogyakarta karena sudah ada sejak tahun 1968. Awal mulanya, Samin dan istrinya (pemilik kedai) hanya menjajakan gulai lalu setelah itu membuka warung ramesan dengan pilihan sayur dan lauk yang beragam. Namun pada tahun 1990-an, menu gulai menjadi satu – satunya menu yang dijual karena banyak dicari para pelangganya.
Pertama kali kita mendengar kuliner gulai, pasti yang terbayang dalam pikiran kita adalah olahan daging yang dimasak dengan santan kental berwarna kekuningan. Tapi ada yang berbeda dari gulai yang dijajakan di kedai Gulai Sapi Tugu Pak Samin. Menu gulai disini disajikan dengan kuah encer tanpa santan berwarna kekuningan. Tapi tak perlu khawatir, meskipun tanpa santan namun gulai ini memiliki citarasa yang khas dengan perpaduan bumbu – bumbu rempah yang begitu terasa. Gulai ini sangat nikmat saat disajikan masih panas apalagi menyantapnya saat malam hari dan perut dalam keadaan lapar.
Tekstur dagingnya yang empuk karena direbus berulang – ulang, membuat para pelanggannya ketagihan. Untuk penyajiannya ada dua pilihan cara yaitu gulai campur yang dimana gulai dan nasi dicampur dalam satu piring dan yang kedua dengan cara gulai dan nasi dipisah. Sebagai pelengkap agar terasa nikmat, gulai tersebut diberi campuran beberapa potongan kubis, sambal, kecap, dan cabai lalap utuh. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 9 ribu hingga 11 ribu, kamu sudah bisa menikmati gurih dan lezatnya gulai Pak Samin. Tak heran jika banyak pelanggannya dari kalangan mahasiswa. Kedai Pak Samin mulai buka dari pukul 20.30 malam hingga pukul 02.00 dinihari.

Share this:

One comment, add yours.

Pie Susu Bli Man

ampun ngiler banget, next harus cobain gulenya, kalau saya ke yogya selalu carinya sate klatak, gudeg, mangggut.
saya baru tau ada gulai legendaris di yogya. next cobain

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.