Gudeg Rukun, Kuliner khas Magelang yang Pas di Lidah

Kota Magelang tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita apalagi yang letaknya berada di utara Kota Jogja membuat kota ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Berbagai destinasi wisata bisa kamu temukan di kota ini seperti wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa menikmati kuliner khas dari kota tersebut. Salah satu kuliner yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Kota Magelang adalah Gudeg Rukun. Tak hanya Kota Jogja saja yang memiliki kuliner khas berupa Gudeg namun Kota Magelang pun memilikinya.

Nama kuliner tersebut terbilang cukup unik karena pada awalnya kedai Gudeg Rukun ini berada tepat disamping garasi toko kelontong Rukun. Namun kini toko Rukun tersebut sudah berpindah tempat jadi kamu tak akan menemukannya jika mencari. Kedai Gudeg Rukun ini lokasinya cukup strategis dan sangat mudah untuk ditemukan yaitu di Jalan Tidar dan tak jauh dari Rumah Sakit Umum Tidar. Saat ini kedai Gudeg Rukun telah menempati tempat baru yang memiliki desain ruangan yang cukup bagus, rapi dan minimalis.

Kedai ini hanya menyajikan menu berupa Gudeg saja namun dengan isian yang berbeda – beda. Gudeg – gudeg tersebut terdiri dari Gudeg Telor, Gudeg Ayam, Gudeg Tahu – Tempe, atau Gudeg Komplit. Kamu bisa memilih beragam menu gudeg tersebut sesuai selera kamu. Menu gudeg yang disajikan di Kedai Gudeg Rukun ini memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan Gudeg Jogja. Jika Gudeg Jogja, pada saat penyajiannya kering namun Gudeg Rukun ini diberi tambahan kuah agar terlihat basah.

Kombinasi campuran rasa antara manisnya gudeg, gurihnya santan dan pedasnya kreceknya cukup pas dilidah. Tidak terlalu manis, malah lebih terasa dominan pedasnya krecek. Bagi para pecinta pedas harus hati – hati, karena krecek disini bisa membuat lidah bergoyang. Saat pertama buka, kedai Gudeg Rukun ini hanya melayani pelanggannya hingga sekitar jam 10 pagi namun kini jam buka nya diperpanjang hingga jam 5 sore. Nah, jika kamu ingin membawakan oleh – oleh untuk keluarga dirumah, Gudeg Rukun ini juga bisa dijadikan sebagai oleh – oleh khas dari Magelang. Namun tidak bertahan lama jika ditaruh di tempat biasa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.