Penghargaan Maskapai Bintang Lima Diraih Garuda Indonesia

Maskapai milik BUMN di Indonesia, yakni Garuda Indonesia kembali mendapatkan penghargaan sebagai maskapai bintang lima. Penghargaan maskapai bintang lima atau 5-Stars Airline diberikan oleh Skytrax pada 17 Februari 2016 lalu. Penghargaan tersebut diserahkan dan diadakan di Singapura tepatnya pada ajang Singapore Airshow 2016 yang merupakan event rutin di benua Asia. Perkembangan dunia penerbangan di tanah air menjadi salah satu penyemangat pihak Garuda Indonesia untuk menyempurnakan layanan yang diberikan.

Sebagai maskapai yang dikelola oleh BUMN, tentu menjadi salah satu momentum yang bersejarah dan bernilai sangat tinggi. Direktur Utama dari Garuda Indonesia, yakni M. Arif Wibowo mengungkapkan bahwa pencapaian yang sudah diraih tidak hanya menjadi moment penting namun bersamanya juga hadir tantangan tersendiri bagi pihak Garuda Indonesia untuk menjaga dan meningkatkan pelayanan yang sudah berhasil diberikan. Pengharapan untuk terus melakukan inovasi demi mengembangkan maskapai besar di Indonesia ini menjadi agenda wajib yang akan dilaksanakan.

Sistem Penilaian Dari Skytrax

Sertifikasi yang diberikan oleh Skytraxt berdasarkan kepada beberapa bentuk aspek pelayanan yang diberikan maskapai kepada pengguna jasanya. Pemberian nilai pun melihat kepada beberapa point, yang terdiri dari:

1. Pelayanan pre-flight,
Yakni berhubungan dengan pelayanan sebelum penerbangan dilakukan, baik dalam bentuk kemudahan pemesanan tiket maupun kecepatan dalam memberikan respon dan memproses pemesanan yang dilakukan oleh setiap konsumen. Perbaikan terhadap sistem pemesanan tiket yang dilakukan selama ini memberikan point yang tinggi dari Skytrax.

2. Pelayanan post-flight,
Sebagai pengguna jasa salah satu maskapai, penumpang tentunya perlu datang setidaknya satu jam sebelum jadwal keberangkatan sesuai tiket. Selama menunggu jam terbang tersebut pelayanan yang diberikan maskapai pun mendapatkan sorotan dari Skytrax. Diharapkan dengan pelayanan selama masa menunggu yang baik bisa menjaga kenyamanan penumpang sebelum naik ke badan pesawat.

3. Pelayanan in-flight,
Penilaian dari aspek pelayanan lain yang tidak terlepas ialah pelayanan selama terbang bersama dengan Garuda Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah layanan untuk mendapatkan hiburan terbaik dan berkualitas di dalam tubuh pesawat, pelayanan menu makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Penghargaan Lain yang Diterima Garuda Indonesia

Selain mampu mempertahankan di tahun kedua sertifikasi maskapai berbintang lima, Garuda Indonesia pun mendapatkan penghargaan dari dalam negeri. Menteri BUMN RI yakni Ibu Rini Sumarno memberikan apresiasi yang baik atas peningkatan laba bersih. Peningkatan hingga hari ini mencapai Rp 1 trilyun lebih atau disetarakan sebesar US$ 77,9 juta. Keuntungan bersih diperoleh melalui pemberian layanan penerbangan lebih dari ratusan kali mengudara. Pencapaian luar biasa yang bisa dirasakan oleh keberadaan 7 maskapai di dunia yang berhasil menyandang sertifikat maskapai berbintang lima tersebut.

Dalam sistem penilaian dari Skytrax, Garuda Indonesia telah berhbagai negara di dunia. Bersanding dengan maskapai bintang limasil menyaingi dan meninggalkan lebih dari 200 maskapai yang berasal dari bera lain, yakni:

1. Singapore Airline,
2. Cathay Pacific,
3. Qatar Airways,
4. Asiana Airline,
5. All Nippon Airline, dan
6. Hainan Airline.

Berbagai Penghargaan Sejak 2013

Garuda Indonesia selama beberapa tahun terakhir berhasil membawa pulang berbagai penghargaan tingkat dunia dari Skytrax. Penghargaan yang diterima sejak 2013 antara lain:

1. Penghargaan “The World’s Best Economy Class” oleh n 2014.
3. Predikat “The World’s Best Airline” Skytrax pada tahun 2013.
2. Penghargaan “The World’s BestCabin Crew” bersama 7 maskapai dunia lain di tahun 2015.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.