Menikmati Empal Gentong Amarta Kuliner Khas Dari Kota Cirebon

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa berwisata kuliner atau menikmati makanan khas daerah tersebut. Nah, jika kamu berkesempatan berkunjung ke Kota Cirebon maka kamu wajib mencicipi kuliner khas dari daerah ini yaitu Empal Gentong. Mungkin sudah tak asing lagi bagi kamu mendengar kuliner yang satu ini. Empal gentong merupakan sebuah kuliner khas Kota Cirebon  yang tak bisa kamu hapus dari daftar makanan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota yang satu ini. Empal gentong sangat mudah kamu temui di sekitar pesisir utara Pulau Jawa karena kawasan tersebut sangatidentik dengan makanan yang satu ini. Dari sekian banyak penjual empal gentong di Kota Cirebon, maka ada salah satu penjual empal gentong yang terkenal yaitu Empal Gentong Amarta.

Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda No.37 Battembut, Kabupaten Cirebon. Warung makan ini hampir setiap harinya selalu ramai oleh pengunjung. Empal gentong sendiri merupakan  kuliner yang berbahan dasar daging sapi, wujud aslinya pun hampir menyerupai dengan gulai. Hal unik dari kuliner khas yang satu ini adalah pada saat memasaknya menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat. Warung makan empal gentong Amarta ini sudah berdiri sejak tahun 1997. Pemiliknya pun merupakan pasangan suami istri yang bernama Solihin dan Emi yang pertama kali merintisnya. Untuk memasak empal gentong tersebut, pasangan ini menggunakan beraneka ragam bumbu seperti serai, bawang merah, bawang putih dan beberapa rempah lainnya.

Beragam bumbu rempah tersebut dimasak dengan santan dan daging sapi di dalam gentong. Empal yang telah dimasak hingga matang dibiarkan terus berada di atas api.
Daging sapi akan dipotong – potong jika telah ada pesanan dari pembeli. Hal ini menjadikan dagingnya begitu empuk dan bumbunya benar – benar meresap. Setiap porsi empal disajikan dengan tambahan kucai dan bawang goreng. Bagi penggemar pedas, untuk menambahkan rasa pedas disediakan sambal dan cabai kering halus. Empal Gentong Amarta ini rasanya begitu gurih dengan bumbu yang meresap. Taburan kucai dan bawang goreng juga akan menambah citarasa dari kuliner tersebut.

Selain empal gentong yang menjadi andalan dari warung makan yang satu ini, namun ada lagi menu lainnya yang menjadi andalan yaitu empal asem. Sesuai dengan namanya, empal asem ini memiliki cita rasa yang asem dan segar berbeda dengan empal gntong yang dimasak menggunakan santan maka empal asem tak menggunakan santan. Hanya saja untuk membuat kuah empal asam ini menggunakan kaldu sapi dan rasa asam yang dihasilkan merupakan dari penggunaan asam jawa dan belimbing wuluh. Dalam setiap porsinya ada tambahan sauran seperti tomat, daun bawang, dan kucai. Memiliki kuah asam yang berasa begitu sedap serta tambahan sayur – sayuran yang membuatnya akan semakin segar.

Tak hanya menu yang terbuat dari daging sapi saja, namun pengunjung juga dapat memesan usus dan babat sebagai isian untuk emnu empal gentong dan empal asem atau tambahan sate kambing untuk menemani santapan kedua menu tersebutt. Warung ini buka setiap harinya dari jam 09.30 hingga 21.00. Untuk harga, kamu tak perlu khawatir karena seporsi empal gentong maupun empal sem dibanderol hanya Rp. 22 ribu saja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.