Sejuknya Suasana di Embung Tegaltirto Bisa Dinikmati Sambil Menaiki Sepeda Air

Salah satu kota yang tak ada habisnya menawarkan panorama wisata alamnya adalah Kota Yogyakarta. Di kota tersebut terdapat banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau pun sahabat. Satu lagi obyek wisata di kota ini yang menawarkan keindahan alam yang mempesona adalah Embung Tegaltirto yang berada di Dusun Candirejo Desa Tegaltirto Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Embung ini awalnya dibangun sebagai tempat penampungan air, namun seiring berjalannya waktu saat ini embung tersebut dijadikan juga sebagai salah satu obyek wisata untuk melengkapi lava bantal. Jarak embung ini dengan lava bantal tak terlalu jauh yaitu sekitar 200 meter di sebelah selatannya.

Embung ini dibangun selain sebagai tempat penampungan air, digunakan juga sebagai salah satu obyek wisata yang dilengkap dengan beberaapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan seperti gazebo, kamar mandi, hingga pendopo yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Pada akhir bulan Mei 2016, Gubernur DIY yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan Embung Tegaltirto dan Area Lava Bantal sebagai salah satu obyek wisata yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pembangunan Embung Tegaltirto dibangun persis berada di tepi Sungai Opak dan dapat menampung air hingga kapasitas 12 ribu meter kubik air. Keberadaannya di tepi Sungai Opak memberikan suasana yang cukup tenang dan udara yang cukup sejuk.

Selain fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung ada juga beberapa wahana rekreasi yang bisa dinikmati seperti sepeda air dan perahu bebek. Untuk wahana sepeda air terdapat dua pilihan yaitu berpenumpang tunggal dan tandem. Jika kamu ingin menaiki sepeda air ini cukup keluarkan kocek sebesar Rp. 15 ribu saja untuk dua kali putaran, sedangkan jika ingin menaiki tandem maka kamu cukup membayar sebesar Rp. 20 ribu saja. Selain sepeda air dan tandem, ada juga wahana lainnya yang bisa kamu sewa yaitu perahu bebek dengan tarif sebesar Rp. 12 ribu untuk dua kali putaran. Penyewaan perahu bebek dan sepeda air bisa kamu sewa mulai dari jam 07.30 hingga 16.30 WIB setiap harinya. Untuk kamu yang ingin mencoba untuk menaiki sepeda air tersebut maka akan dipakaikan pelampung demi menjaga keselamatan.

Dalam acara peresmian, Gubernur DIY menyatakan bahwa peristiwa peresmian wisata batu tersebut tidak terlepas dari 1,5 tahun lalu saat Lava Bantal ditetapkan sebagai geopark secara nasional oleh Negara. Diharapkan dengan peresmian wisata Lava Bantal dan seiring datangnya para wisatawan, wisata Lava Bantal dapat dijaga dengan baik dari segala macam kerusakan, karena Lava Bantal merupakan pijaran lava yang sudah jutaan tahun mengendap di wilayah tersebut dan memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Untuk masuk ke obyek wisata ini pengunjung tidak dipungut biaya, hanya dikenakan biaya parkir RP.2 ribu untuk sepeda motor dan Rp.5 ribu untuk mobil.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.