Destinasi Wisata yang Pas Untuk Berakhir Pekan di Kabupaten Cianjur

Kabupaten Cianjur merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat dan topografinya di dominasi dengan pegunungan maka tak heran jika pemandangan di Cianjur sangat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Berikut ada beberapa destinasi wisata di Cianjur yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekan kamu bersama pasangan atau keluarga. Diantaranya adalah:

1. Situs Gunung Padang

Salah satu situs bersejarah di Kabupaten Cianjur adalah Situs Gunung Padang yang berasal dari jaman megalitikum atau jaman batu.  Situs ini dipercaya sebagai kawasan kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara dan beberapa waktu lalu sempat menjadi headline di media masa karna konon ukuran punden berundak di Gunung Padang ini lebih besar dari Piramida di Mesir. Selain itu, usia punden berundak ini juga jauh lebih tua dari Piramida di Mesir. Pundek berundak di Gunung Padang diperkirakan sudah ada sejak 4.700 – 10.900 sebelum masehi. Situs Gunung Padang sendiri berada pada ketinggian sekitar 885 mdpl. Penelitian tentang kawasan ini masih berlangsung hingga saat ini.

2. Gunung Gede – Pangrango

Bagi para pendaki gunung, tentunya sudah tak asing lagi dengan gunung yang satu ini dong? Yaitu Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Pangrango merupakan dua gunung yang berbeda namun masih berada dalam satu kawasan yang sama. Lokasinya terletak di tiga wilayah kabupaten di Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung Gede-Pangrango sendiri merupakan dua gunung yang menjadi idola para pendaki yang domisili di Jawa Barat. Alun – Alun Surya Kencana menjadi salah satu spot favorit pendaki saat melakukan pendakian, karena di kawasan ini terdapat hamparan Bunga Edelweis yang cukup luas. Pemandangan yang menarik dan dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

3. Taman Bunga Nusantara

Nah, buat kamu yang menyukai bunga berwarna – warni maka tak ada salahnya jika liburan kali ini berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada di Cianjur yakni Taman Bunga Nusantara. Destinasi wisata  ini menyuguhkan keindahan alam yang eksotis dengan sejuta pesona warna bunga yang berasal dari berbagai negara. Lokasinya berada di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi dan tidak jauh dari kawasan Puncak. Memiliki luas sebesar 35 hektare terdapat hamparan bunga yang berwarna – warni dan pastinya kamu tak akan bosan berlibur kesini. Selain itu juga disana terdapat beberapa taman yang bisa kamu kunjungi seperti Taman Air, Taman Labirin, Taman Jam, Taman Perancis, Rumah Kaca, dan masih banyak lagi. Indahnya dekorasi dan kumpulan bunga di Taman Bunga Nusantara yang asri membuat tempat ini menjadi salah tempat favorit untuk prewedding di Cianjur.

4. Kebun Teh Gedeh

Seperti yang kita ketahui jika Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang menghasilkan teh terbesar di Indonesia. Tak heran jika banyak terdapat perkebunan teh di Kabupaten Bandung, Cianjur dan Bogor. Namun jika kamu sedang berkunjung ke Cianjur kali ini, sempatkan lah untuk mengunjungi Kebun Teh Gedeh yang lokasi nya berada di Jalan Raya Cipanas – Cianjur. Konon, kebun teh ini merupakan salah satu kebun teh tertua di Pulau Jawa.

5. Pantai Sereg

Tak hanya pegunungan, perbukitan, taman, dan situs bersejarah saja yang ada di Cianjur. Nyatanya kabupaten ini memiliki pantai di kawasan Selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Salah satu pantai nya adalah Pantai Sereg yang memiliki pasir pantai berwarna keabuan dengan ombak yang relatif cukup tinggi. Meskipun, jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota Cianjur, yakni sekitar 120 km. Namun tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini sebagai destinasi wisata di akhir pekan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.