Destinasi Wisata Sumba, Keindahan Alam yang Tersembunyi dan Wajib Untuk Dieksplore

Nusa Tenggara Timur kini mulai memperlihatkan wajah kepada dunia setelah Pulau Komodo dikomersialkan dalam ajang Seven Wonders dunia. Meskipun belum terpilih sebagai tujuh keajaiban dunia, nyatanya menjadi nominasi di ajang dunia memberikan pengaruh besar pada pariwisata Pulau Komodo.Namun, dari seluruh gugusan kepulauan NTT, tak semua pulau terekspos dengan baik. Masih banyak surga tersembunyi NTT yang masih belum banyak wisatawan yang tahu, contohnya pulau Sumba. Berikut lima destinasi wisata di Sumba yang jarang orang ketahui, diantaranya adalah:

1. Kampung Rende

img_6888_fotor

Mengunjungi sebuah pedesaan di Sumba yang berjarak 40 km dari pusat Kota Waingapu, tepatnya di Kampung Praiawang Rende, Kabupaten Sumba Timur. Kita dapat merasakan suasana kehidupan tentang peradaban masa lampau para leluhur masyarakat Sumba. Banyak bisa kita rasakan di Kampung Praiawang Rende yang menjadi salah satu desa wisata Sumba Timur. Tidak hanya rumah adat tradisional biasa, namun di bagian depan rumahnya berdiri kokoh kuburan batu yang berusia ratusan tahun dengan aroma sabana musim kemarau yang akan menyambut kehadiran kita di daerah ini.

2. Bukit Wairinding

Foto Perjalanan - Sumba Kompas/Mulyawan Karim (MUK)

Bukit Warinding merupakan salah satu tempat kunjungan wisata menarik di Sumba Timur. Bagi orang Sumba disebut Lai Uhuk, karena lokasi bukit tepat berada di jalan yang menikung. Bukit Wairinding terletak di desa Pambota Jara Kecamatan Pandawai Sumba Timur, diketinggian 100 Р200 meter di atas permukaan laut dengan formasi vegetasi asli padang rumput savana.  Sejauh mata memandang, terbentang bukit-bukit hijau dengan kontur memikat.

3. Pantai Walakiri

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sama seperti pantai pada umumnya yang memiliki keindahan alam berupa hamparan pasir putih yang membentang serta di balut dengan birunya air laut yang cenderung tenang dan landai. Berada tak jauh dari pusat Kota Waingapu yaitu sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan. Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang memberi keteduhan dan suasana nyaman saat pengunjung berjalan menyusuri pantai. Keunikan lain dari Pantai Walakiri ini adalah terdapatnya 2 jenis tekstur pasir yang berbeda antara pasir di tepi pantai dan pasir di area bekas laut yang surut. Pasir di tepi pantai memiliki tekstur seperti pasir pantai pada umumnya, yaitu butiran-butiran berwarna putih gading, sedangkan pasir di area bekas laut yang surut memiliki tekstur seperti bedak atau semen basah yang kemudian kering dan mengeras. Dan uniknya lagi ada garis batas yang jelas antara kedua jenis pasir tersebut.

4. Air Terjun Lapopu

atl-810x479

Air Terjun Lapopu berada di dalam kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Jaraknya sekitar 24 km dari Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat.
Air terjun ini merupakan jenis air terjun bertingkat (berundak-undak) yang jatuh dari tebing yang miring dengan total ketinggian sekitar 90 m. Di bawahnya terdapat kolam penampungan yang airnya jernih berwarna tosca dan dapat digunakan untuk mandi dan berenang.

5. Danau Weekuri

danau-weekuri-nusa-tenggara-timur

Danau ini merupakan salah satu danau terindah yang dimiliki Indonesia. Sangat eksotis dan penuh dengan keindahan. Namanya Danau Weekuri. Letaknya berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 60 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Tidak seperti danau – danau lainnya, air di Danau Weekuri rasanya asin, karena danau ini sebenarnya merupakan sebuah laguna yang airnya berasal dari air laut. Danau ini dibentengi dengan gugusan karang yang ditumbuhi dengan tanaman berwana hijau. Air laut dari danau ini masuk melalui sela – sela gugusan karang tersebut. Jangan kaget, air di danau ini berwarna biru kehijau – hijauan dan sangat jernih bahkan kamu juga bisa melihat dengan jelas pasir putih yang ada di dasar danau. Memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam sehingga danau ini sangat cocok untuk berenang. Suasananya pun terbilang masih sangat tenang dan asri karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pemandangan dari atas danau pun juga sangat cantik. Sangat cocok menjadi salah satu alternatif tujuan liburan kamu.

Share this:

Leave a comment