Destinasi Wisata di Kota Salatiga, Mulai dari Gerbang Tol Hingga Pacuan Kuda

Belakangan ini Gerbang Tol Salatiga sedang viral di media sosial bukan karena tarif masuk tolnya melainkan pemandangan alam yang disuguhkan di sekitar Gerbang Tol tersebut. Tak tanggung – tanggung, pemandangan alam yang disuguhkan berupa latar belakang Gunung Merbabu yang mampu menyihir mata siapa saja yang melihatnya. Tak hanya menyuguhkan keindahan Gerbang Tol nya saja, namun Salatiga juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tak kalah indahnya. Mau tahu dimana saja lokasinya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau yang terletak di Jalan Raya Salaiga – Semarang tepatnya di empat Kecamatan yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Kata “Pening” awalnya berasal dari kata “bening” karena danau ini memiliki air yang jernih dan bening. Rawa Pening memiliki luas sekitar 2.670 hektar yang dimana pemandangan alam sekitar nya cukup mempesona berupa Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini biasanya digunakan untuk lahan mencari ikan bagi warga sekitar, maka jangan heran jika di sekitar danau banyak ditemui perahu – perahu kecil. Danau ini juga ditumbuhi eceng gondok yang berguna untuk tempat berlindung ikan dari sengatan matahari.

2. Agrowisata Salib Putih

Untuk kamu yang ingin mencari tempat rekreasi yang asyik di Salatiga maka Agrowisata Salib Putih bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan kamu untuk berlibur kali ini. Agrowisata Salib Putih ini lokasinya berada di Kaki Gunung Merbabu atau tepatnya di Jalan Raya Salatiga – Kopeng Km 4, Kumpulrejo, Salatiga, Jawa Tengah. Kawasan ini meliputi perkebunan cengkeh, kopi, kapuk randu dan peternakan sapi perah. Nama Salib Putih merupakan nama desa yang berada di sekitar tempat Wisata Agro yang terkenal karena kesejukan, keasrian dan pemandangan yang indah. Berbagai aktivitas bisa dilakukan mulai dari berenang, outbond, berkemah, melihat Rawa Pening dari kejauhan.

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan salah satu kawasan wisata pegunungan yang sudah cukup terkenal di Kota Semarang. Lokasinya berada di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah atau sekitar 25 Km dari pusat Kota Salatiga. Yang menjadi daya tarik tersendiri dari obyek wisata satu ini adalah kolam renang alaminya yang dimana air nya jernih, dingin dan menyegarkan. Selain itu juga, disini terdapat beberapa fasilitas seperti outbond, camping ground , dan beberapa wahana permainan yang menantang keberanian.

4. Desa Wisata Tingkir Lor

Terletak di perbatasan Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, Tingkir Lor merupakan sebuah permukiman yang sedang dikembangkan menjadi desa wisata. Selain alamnya yang sejuk dan nuansa desa nan asri, Desa Wisata Tingkir Lor juga memiliki sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sehingga dapat membeli oleh-oleh khas Salatiga dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Arrowhead Park

Untuk kamu yang memiliki hobi berkuda, maka bisa berkunjung ke obyek wisata Arrowhead Park yang lokasinya berada di Desa Tegalweton, Kecamatan Tengaran, Salatiga, Jawa Tengah.  Wisata Arrowhead Park di Tegalwaton Salatiga Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Salatiga tidak mengunjungi Wisata Arrowhead Park. Wisata Arrowhead Park di Tegalwaton Salatiga Jawa Tengah ini lokasinya ada di tengah pedesaan Tegal Waton. Ketika berwisata kemari, akan disajikan pemandangan berupa alam pedesaan yang asri, hijau, rindang, dan bebas polusi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.