Selain Pantai, Berikut Destinasi Wisata Alam di Gunungkidul yang Wajib Dieksplore Keindahan Alamnya

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota dari 34 provinsi di Indonesia yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Daerah yang berada di Pulau Jawa dan cukup dekat dengan Solo dan Semarang Jawa Tengah ini memang dari dulu memiliki keistimewaan tersendiri. Berbagai macam obyek wisata Yogyakarta yang bisa kamu temui di provinsi ini. Selain sebagai tujuan wisata, Jogja juga merupakan salah satu kota tujuan para pelajar menuntut ilmu karena banyaknya universitas atau perguruan tinggi ternama di kota ini.

Daftar tempat wisata di Yogyakarta yang disajikan dibawah ini sangat bermacam macam, mulai dari wisata alam dengan deretan pantai yang tersebar di Gunungkidul, sejarah, museum, belanja, keluarga dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang ingin mencari informasi lain mengenai tempat wisata di Yogyakarta selain pantai, simak ulasannya berikut ini.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk

4561_t00832_jogjavacation_com_wpcontent_uploads_2014_08_srigethuk1

Air Terjun Sri Gethuk

Gunungkidul sebagai daerah yang sering diansumsikan sebagai daerah tandus dan kering ternyata memiliki keindahan alam berupa air terjun. Terletak di Desa Wisata Bleberan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan air terjun ini disebut – sebut memiliki kemiripan dengan sebuah destinasi wisata di Amerika Serikat yang terkenal yaitu Grand Canyon Arizona. Uniknya, aliran air terjun ini tidak mengenal musim, baik musim hujan atau kemarau panjang sekalipun dengan tetap mengalir tanpa henti. Batu – batuan yang terbentuk indah di bawah air terjun tersusun menyerupai undak – undakan laksana tepian kolam renang di rumah – rumah mewah. Saat Anda memutuskan untuk lebih mendekat dan mandi di bawah air terjun, sejurus kemudian terasa seperti berada di negeri dongeng dimana air jernih melimpah mengguyur sekujur tubuh. Kala musim hujan, Anda berkesempatan besar untuk menyaksikan pelangi indah di Air Terjun Sri Gethuk. Pesona pelangi yang menghiasi air terjun ini seolah membawa Anda pada kisah dongeng tentang bidadari berselendang pelangi.

Wisata Air Terjun Banyunibo

air-terjun-banyunibo-bantul-720x540

Air Terjun Banyunibo

Jika di Pacitan kamu mengenal objek wisata banyu tibo yang merupakan sebuah pantai dengan air terjun yang jatuh secara langsung ke laut. Namun lain hal nya dengan destinasi wisata Air Terjun Banyunibo yang ada di Yogyakarta. Air Terjun Banyunibo merupakan air terjun yang ada di sebuah pegunungan dusun Batu yang dimana destinasi wisata ini terbilang baru. Untuk bisa menuju ke tempat wisata ini, warna setempat baru membuatkan jalanan setapak yang lumayan ekstrim.

Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

grojogan-sewu-tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu ini terletak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Yogyakarta. Banyaknya aliran air yang melewati jeram dan jatuh langsung ke sungai membuatnya dinamakan demikian. Airnya yang jernih sekalipun pada musim hujan membuat air terjun ini banyak diminati wisatawan. Selain itu, pohon – pohon rindang dari hutan sekitarnya membuat lokasi ini tetap teduh dan sejuk. Rute untuk menuju ke sana cukup mudah karena di sekitar pasar Jonggrangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke sana. Cara menuju ke sana: dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ring Road Barat – Jl. Godean – Pasar Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – Dusun Beteng – Grojogan Sewu.

Wisata Air Terjun Kedung Kandang

b8wryajccaencds

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang yang cantik menjadi salah satu wisata alam di Gunungkidul yang populer saat ini. Lokasinya Air Terjun Kedung Kandang yang berada diantara persawahan juga menjadi daya tarik tersendiri. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang indah lengkap dengan panorama alam yang memukau. Dimusim hujan adalah waktu yang tepat untuk berkunjung kesini karena air yang mengalir akan lebih deras. Air Terjun Kedung Kandang ini memang terletak di dataran tinggi yang memang airnya sebagian besar dari hujan. Jadi jika kamu datang kesini dimusim kemarau bisa dipastikan air yang mengalir juga kecil.  Yang unik di Air Terjun Kedung Kandang ini adalah adanya 6 tingkatan air terjun. Airnya juga cukup jernih dan dingin bikin kita makin asik bermain – main disini. Kamu bisa naik sampai ke air terjun yang di atas tapi harus tetap hati – hati karena tentu saja batu – batunya cukup licin. Suasana disini masih cukup alami dan segar udaranya, maklum karena memang letaknya yang berada di area persawahan dan juga belum secara resmi dikelola.
Share this:

Leave a comment