Selain Pantai, Inilah Destinasi Wisata Alam di Lombok yang Bisa Dikunjungi

Berbicara mengenai keindahan Pulau Lombok memang tak akan ada habisnya, pasalnya di pulau tersebut terdapat gili – gili yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Salah satu gili di Pulau Lombok yang sudah sangat terkenal keindahannya adalah Gili Trawangan. Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan gili yang satu ini. Saat ini, Gili Trawangan sudah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal saja, namun juga sudah sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara. Belakangan ini, banyak wisatawan yang memilih Gili Trawangan sebagai salah satu alternatif destinasi wisata untuk berlibur di bandingkan dengan Pulau Bali.

Namun, selain terkenal dengan keindahan pantainya yang mempesona nyatanya di Lombok masih terdapat destinasi wisata alam lainnya yang bisa untuk kamu kunjungi. Nah, mau tau dimana saja? Berikut tiga destinasi wisata di Lombok yang bisa dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur tiba. Diantaranya adalah:

1. Gunung Rinjani

Untuk traveller yang memiliki hobi mendaki gunung, tentunya sudah tak asing lagi ketika mendengar Gunung Rinjani. Destinasi wisata alam ini cukup terkenal dengan panorama keindahan alamnya yang mempesona. Dengan memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan terletak di utara Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar merupakan pemandangan yang asri bagi Gunung Rinjani. Gunung Rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km dan terdapat danau kawah yang disebut danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 m. Dengan warna airnya yang membiru bagaikan anak lautan, air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah dan mengalir melewati jurang yang curam. Banyak para pendaki yang memancing di danau ini karena banyak terdapat ikan mas dan mujair. Untuk mencapai puncak Rinjani bisa melalui dua jalur pendakian yaitu Jalur Sembalun dan Jalur Senaru.

2. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan air terjun yang lokasinya berada di sebelah sisi utara Kaki Gunung Rinjani. Secara administratif, air terjun ini berada di Desa Senaru dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari Kota Matarram. Aliran Air Terjun Sendang Gile mengalir melewati tebing setinggi 30 meter dan tebing yang dialiri air tersebut bertingkat – tingkat serta tertutup oleh dedaunan hijau dan tumbuhan paku. Untuk mencapai air terjun tersebut, para wisatawan hanya tinggal menuruni anak tangga sepanjang 200 meter. Air yang mengalir merupakan aliran air yang berasal dari Danau Segara Anak yang turun dari ketinggian 30 meter dan uniknya lagi terlihat seperti memiliki dua aliran air terjun. Wisatawan yang datang berkunjung banyak yang mandi dibawah air terjun karena dasar air terjun ini cenderung datar sehingga dianggap tidak membahayakan.

3. Air Terjun Tiu Kelep

Setelah puas menikmati pemandangan Air Terjun Sendang Gile, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Tiu Kelep. Namun, jangan bayangkan perjalanan akan semulus menuju Air Terjun Sendang Gile. Sebab, jalan menuju Air Terjun Sendang Gile terbilang cukup sulit karena harus melewati hutan dengan kondisi jalan yang cenderung licin. Tak jarang, perjalanan sedikit terhambat dengan adanya pohon tumbang dan bongkahan batu besar. Perjalanan pun biasa ditempuh selama kurang lebih satu jam. Namun, sulitnya perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang tersaji di depan mata. Air Terjun Tiu Kelep terdiri dari satu air terjun besar dengan beberapa air terjun kecil di belakangnya. Keindahan alam tak berhenti di situ karena bila beruntung, pelangi berwarna-warni siap memanjakan mata wisatawan akibat bias antara percikan air dan sinar matahari.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.