Rasakan Keseruan Mampir ke Desa Wisata Tanalum dengan Pesona Curugnya

Jenis wisata yang disajikan oleh daerah indah di tanah air semakin berkembang, hal ini dibuktikan dengan hadirnya destinasi wisata baru. Bahkan Pulau Bali yang selalu diserbu oleh wisatawan dari berbagai negara juga selalu melakukan pembaharuan. Bali sendiri senantiasa menyajikan hiburan dan lokasi wisata yang masih segar sehingga meningkatkan minat wisatawan untuk kembali lagi. Ternyata tidak hanya Pulau Bali yang selalu mengupgrade pilihan destinasi wisatanya, hal serupa juga dilakukan oleh daerah wisata lain.

Keberadaan obyek wisata baru selalu memberikan keseruan tersendiri, sebab meningkatkan minat untuk singgah kesana. Bagi yang masih mempertimbangkan sekian tempat untuk dikunjungi selama musim liburan. Maka berkunjung ke Desa Wisata Tanalum yang terdapat di Purbalingga, Jawa Tengah pantas untuk dijelajahi. Desa Wisata Tanalum sendiri dikenal sebagai salah satu desa wisata yang menjadi surga air terjun cantik di Pulau Jawa. Hanya disini wisatawan akan mampu memanjakan mata menyaksikan keindahan air terjun dan tinggi dan unik.

Asyiknya Menjelajahi Air Terjun Terbaik di Jawa Tengah

Sebagai desa wisata yang cukup populer di Purbalingga, ada lebih banyak wisatawan yang berkunjung bersama teman dan keluarga. Disini ada banyak sekali pilihan air terjun indah yang siap untuk dikunjungi, beberapa diantaranya adalah:

1. Air terjun Aul,
2. Air terjun Nagasari,
3. Air terjun Telu,
4. Air terjun Panyatan,
5. Air terjun Karang,
6. Dan lain sebagainya.

Masing-masing air terjun menyajikan suguhan yang berbeda, tidak hanya pemandangan sekitar dengan tatanan tanaman dan pepohonan yang berbeda. Namun juga pesona air terjun dengan ketinggian berbeda sampai kepada kekuatan derasnya air mengalir dari atas yang tidak kalah beragam. Beberapa air terjun di Desa Wisata Tanalum menyajikan kolam yang cukup besar dan dalam, dan beberapa lagi yang lainnya masih aman untuk anak kecil. Salah satu air terjun andalan di desa wisata ini adalah air terjun Nagasari.

Air terjun atau curug Nagasari merupakan curug tertinggi dengan ketinggian air mencapai 75 meter dan lebih tinggi dibanding curug lainnya. Bermodalkan ketinggian yang cukup fantastis ini sudah dapat ditebak pesona seperti apa yang akan disuguhkan. Ketinggian air terjun yang memukau menawarkan pemandangan terbaik sebab memberikan sebuah suguhan kegagahan air terjun. Air yang mengalir memang jauh lebih banyak dan memberikan pemandangan seperti tirai dari air yang murni dan sejuk. Kawasan ini juga membentuk sebuah dasar air terjun berbentuk kolam dengan dikelilingi oleh batuan alam yang indah.

Selain menjadikan curug Nagasari sebagai primadona, ternyata ada juga banyak wisatawan yang lebih tertarik dengan keindahan curug Aul. Curug ini bahkan menjadi primadona bagi wisatawan dari luar negeri, seperti wisatawan asal Texas, Amerika Serikat. Mengungkapkan bahwa daya tarik curug Aul adalah kesempatan untuk menikmati Canyoning. Tidak keliru jika wisatawan tersebut memberikan predikat bahwa disini adalah surga bagi pecinta kegiatan canyoning, dan wajib untuk mampir.

Selain menyajikan keunikan tersendiri di masing-masing air terjun, disini kesamaannya adalah pemandangan alam yang terjaga dengan baik. Masyarakat setempat memberikan perhatian lebih kepada desa wisata aset wisata mereka. Sehingga kebersihan lokasi wisata di berbagai air terjun terjaga dengan sangat baik, sehingga sangat dijamin bebas dari sampah. Tatanan alami di masing-masing air terjun juga menjadi pesona tersendiri, sebab meskipun terkenal pemandangan yang disuguhkan dibiarkan alami namun tetap dirawat dengan semestinya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.