Dalem Kaliatan, Spot Foto yang Cocok Untuk Prewedding

Dalem Kalitan adalah sebuah nama dari salah satu rumah yang berada di Kampung Kalitan, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan, Solo. Di era lampau, tempat tinggal khas Joglo ini seringkali dipilih Pak Soeharto dan keluarga sewaktu berada di di kota Surakarta ini. Namun kini, selepas Mantan Presiden RI dan istrinya wafat, Keluarga Soeharto jarang sekali datang dan menginap di Dalem Kalitan ini.

Belum lama ini, Dalem Kalitan menjadi objek wisata yang seringkali didatangi oleh para wisatawan domestik hingga mancanegara, terutama kala libur. Selain kunjungan piknik, Daleman Kalitan pun dijadikan sebagai destinasi unik dan lain dari lainnya sebagai foto prewedding. Secara pastinya, suasana berbeda untuk foto prewedding akan tampak berbeda dalam balutan background unik dan klasik dari rumah Joglo. Adapun tanah Joglo ini berluas satu hektare yang beralamat lengkap di Jalan Kalitan No.17, Surakarta.

Terbilang cukup banyak para wisatawan yang menyambah Dalem Kalitan ini, yang umumnya ialah masyarakat dari luar Solo, bahkan tak jarang pula ditemui adanya turis selaku wisatawan manca negara. Kunjungan para wisatawan semakin membludak dari hari biasanya saat jatuh para hari minggu maupun liburan seperti weekend. Disinyalir masyarakat kota Surakarta sendiri terbilang belum banyak yang datang, bahkan umumnya mereka belum mengetahui bahwa Dalem kalitan adalah salah satu objek wisata terbaik di kota Solo.

Sisi Eksterior

Rumah Joglo di atas tanah seluas seribu meter ini memiliki beberapa komponen, seperti ruas tanah yang luas, pendopo yang nyaman dan posisinya ada di pojok kanan, serta tersedia peralatan musik Jawa bernama gamelan yang khas dengan nada-nada yang dihasilkannya. Alunan musik pun semakin menumbuhkan atmosphere tradisional yang syahdu sembari menikmati keindahan khas dari rumah Joglo dan sekitarnya ini.

Sisi Interior

Beralih ke sisi ruang, terdapat foto dari Soeharto dan sang istri bu Tien semasa hidupnya, yang kini abadi di ruang-ruang tersebut. Gambar dari presiden yang pernah menjabat di masa dulu beserta sang istri menjadi perantara antara masa kini dan lampau. Tampak seperti sejarah yang abadi dan terkenang melalui gambar tersebut. Di sisi lain, terdapat benda-benda antik dan klasik seperti perlengkapan makan yang tersimpan dengan baik di dalam lemari kaca. Jadinya bisa diperhatikan dari luar dengan jelas.

Beranjak ke senses yang berbeda, Dalem kalitan pun memiliki sisi awesome dan keunikan tersendiri, sehingga sangat cocok untuk foto prewedding. Adapun hasil nantinya, gambar yang diperoleh pun memiliki ciri unik dan khas, tentu lain dari lainnya karena ada sentuhan yang berbeda. Hanya saja, belum banyak yang mengetahui bahwa Dalem kalitan adalah salah satu tempat terbaik untuk foto prewedding dengan sense yang lebih berbeda. Seperti kesan tradisional yang teramat hidup dan pastinya menjadikan foto prewedding lebih berbeda dari yang lain.

Sense Berbeda

Dalem Kalitan sendiri memiliki senses romantik untuk foto prewedding, sekalipun belum banyak yang meliriknya. Anda pun bisa menjadikan Dalem Kalitan sebagai destinasi foto prewedding nanti. Bahkan bisa menjadi pasangan yang kedua setelah Yunianto Agung selaku salah satu masyarakat kota Solo yang pernah berfoto prewedding di area sini, sekitar tahun 2014 lampau. Adapun menurut pengakuan Yunianto sendiri, ia adalah orang pertama yang mengaplikasikan foto prewedding di tanah Joglo Dalem Kalitan. Jika pun Anda menginginkan sense yang berbeda untuk foto prewedding, Dalem Kalitan memang cocok untuk dipilih.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.