Bingung Nyari Menu Berbuka Hari Ini? Yuk Cobain Resep Berikut…

Bagaimana puasa kamu hari ini? Masih semangat dong pastinya ! Saat puasa seperti saat ini, terkadang kita bingung dalam memilih aneka menu untuk berbuka puasa. Nah daripada bingung, berikut ada beberapa olahan sayur khas Nusantara yang pas disajikan saat sahur atau saat berbuka. Diantaranya adalah: 

1. Sayur Asam

Sayur Asam termasuk ke dalam salah satu jenis sayur sup yang populer sebagai hidangan rumahan di nusantara. Rasanya cenderung asam segar dan menggunakan banyak sayuran seperti kacang panjang, daun melinjo, kacang tanah, labu siam, jagung, wortel, dan lain sebagainya. Makanan berkuah ini baik untuk kesehatan dan cocok disantap bersama nasi. Rasa asam dihasilkan dari asam Jawa, namun jika tidak asam Jawa bisa menggunakan belimbing wuluh.

2. Sayur Bening

Selain proses pembuatannya yang mudah, sayur bening juga mengandung banyak vitamin di dalamnya. Biasanya bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sayur bening adalah bayam, wortel, jagung manis dan aneka bumbu rempah seperti bawang merah, gula, dan garam. Cukup sederhana namun tidak mengurangi kelezatan rasanya.

3. Sayur Lodeh

Sajian sayur yang berasal dari Jawa Tengah ini sangat identik dengan kuah santannya yang gurih. Berbagai macam isian sayuran menjadi bahan utama dalam pembuatan sayur yang satu ini. Ada irisan kacang panjang, labu siam, wortel, terong, melinjo, dan jagung. Ditambah dengan irisan cabai, membuat sayur ini berpadu dengan rasa sedikit pedas. Semakin nikmat juga bila ditambahkan petai di dalamnya.

4. Trancam

Sama seperti sayur lodeh, trancam juga berasal dari Jawa Tengah yang sekilas kalau diperhatikan sangat mirip dengan urap. Hal tersebut dikarenakan trancam menggunakan kelapa parut yang sama seperti bahan utama yang digunakan untuk membuat urap. Selain kelapa parut, bahan lainnya yang digunakan adalah tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan irisan halus sawi putih. Pembuatannya yang sangat mudah sehingga siapa saja dapat membuat menu ini. Trancam akan lebih nikmat jika disajikan bersama nasi hangat serta tempe atau ayam goreng.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.