Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Jika Berkunjung ke Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan pulu – pulau lainnya. Lokasinya berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan habitat asli binatang Komodo sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di pulau ini terdapat lebih dari 1.000 ekor Komodo yang hidup di alam bebas. Keindahan alam yang ditawarkan pun sangat memukau maka tak heran jika banyak wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara banyak yang datang berkunjung ke lokasi ini. Nah, sebelum kamu melihat komodo tersebut secara langsung maka ada baiknya perhatikan hal – hal berikut ini, diantaranya adalah:

1. Hati – hati saat sedang menstruasi
Khusus untuk wanita jika sedang menstruasi harus ekstra hati – hati jika berkunjung ke Pulau Komodo karena komodo disana saat mencium bau darah meskipun dalam jarak yang  cukup jauh akan berubah menjadi ganas. Maka ada baiknya jika sedang menstruasi tidak melakukan trekking di Pulau Komodo.

2. Jangan pakai parfum
Tak hanya bau darah saja namun juga komodo sangat peka dengan bau parfum yang cukup menyengat. Hal tersebut dikarenakan indera penciuman komodo sangat tajam.

3. Tidak ada komodo yang jinak
Perlu kamu ketahui jika tak ada satupun komodo yang jinak meskipun sedang bergerak karena hewan tersebut bisa melakukan penyerangan terhadap musuhnya secara tiba – tiba. Tetap hati – hati dan jangan sampai keluar dari pengawasan ranger.

4. Lari ke rumah panggung saat dikejar komodo
Walaupun penyerangan komodo terhadap wisatawan yang datang jarang terjadi maka ada baiknya tetap waspada. Perlu diperhatikan apabila kamu dikejar oleh komodo maka larilah secara zig – zag karena tubuh komodo sangat sulit untuk berbelok. Selain berlari secara zig – zag, kamu juga bisa berlari ke rumah – rumah panggung terdekat yang ada di kawasan tersebut. Rumah – rumah panggung yang ada disana memiliki tangga yang cukup sulit untuk dijangkau oleh komodo.

5. Anak komodo tinggal di atas pohon
Harus tetap waspada juga dengan anak komodo, karena biasanya anak – anak komodo akan tinggal diatas pohon mengingat tubuhnya yang masih kecil. Kalau tidak berhati – hati, bisa saja komodo kecil akan jatuh tepat di depanmu.

6. Jangan dekati komodo yang sedang bertelur
Nah, sama dengan hewan lainnya jika sedang bertelur. Komodo juga akan lebih agresif daripada biasanya karena komodo betina akan menjaga telurnya dari siapa saja yang dianggapnya sangat membahayakan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.