Berbagai Macam Sajian Masakan yang Berbahan Dasar Buah – buahan Segar

Ternyata buah – buahan tak hanya disajikan dalam bentuk jus buah atau es buah saja, namun nyatanya saat ini sudah banyak buah yang disajikan untuk menemani makan nasi. Selain menambah citarasa, buah – buahan tersebut juga menambah kesegaran yang dapat menggugah selera makan. Berikut ada beberapa sajian masakan yang dibuat dengan menggunakan buah – buahan, diantaranya adalah:

Tempoyak
Tempoyak merupakan makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di daerah Bengkulu, Palembang dan Jambi. Makanan yang berbahan dasar buah durian yang difermentasi ini sangat cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat atau bisa juga dibuat untuk campuran sambal dan pepes.

Pacri Nanas
Pacri nanas merupakan  makanan khas melayu yang terdiri dari potongan – potongan nanas dan diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun salam dan serai yang dicampur dengan santan. Biasanya pacri nanas disajikan dengan nasi hangat atau juga disajikan dengan nasi kebuli atau nasi lemak.

Rujak Kuah Pindang
Rujak kuah pindang merupakan rujak khas Bali yang rasanya benar – benar khas,  segar, masam, manis, pedas dan rasa khas ikan pindang. Rujak kuah pindang ini terbuat dari berbagai macam buah – buahan seperti kedondong, bengkuang, pepaya, nasnas dan mangga serta ditambahkan dengan bumbu seperti gula, garam, cabai, dan terasi.

Acar Nanas
Acar nanas merupakan bahan pelengkap makanan yang terbuat dari buah nanas segar yang sudah matang. Selain nanas, bahan lainnya yang ditambahkan dalam pembuataannya adalah ketimun dan bengkuang serta cabe rawit dan bawang. Hidangan yang biasanya disajikan bersama acar nanas ini adalah Nasi Briyani dan Nasi Kebuli atau nasi lemak.

Sup Ikan Kelapa Muda
Menu ini sudah banyak disajikan di restoran dan rumah makan. Rasa segar dan manis dari air kelapa menyatu dengan apik saat dipadukan dengan sup ikan.
Rasa dan aroma amis dari ikan jugaa tidak lagi tercium saat sup tersaji dalam batok kelapa muda yang masih lengkap dengan daging buahnya.

Nasi Merah Buah Naga
Tak hanya nasi berwarna kuning saja yang saat ini bisa Anda jumpai, namun ada juga nasi yang memiliki warna merah. Warna merah yang dihasilkan pada nasi tersebut berasal dari daging buah naga yang dihaluskan. Setelah daging buah naga dihaluskan, kemudian digunakan untuk mengaron beras.

Sayur Sirsak
Buah sirsak yang masih mengkal bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat sayur oleh sebagian masyarakat Sunda. Potongan sirsak yang sudah dihilangkan bijinya dikukus hingga empuk. Bumbu seperti sayur lodeh berkuah santan adalah kombinasi yang tepat untuk megolahnya. Rasanya manis dan segar buah sirsak, membuat teksturnya lebih menyerupai nangka muda.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.