Beberapa Transportasi yang Bisa Digunakan Menuju ke Pulau Selayar

Sulawesi Selatan merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, provinsi ini memiliki berbagai keindahan pariwisata  yang bisa dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Banyak tempat menarik yang tersebar di Sulawesi Selatan yang memiliki daya tarik tersendiri seperti salah satunya adalah Kepulauan Selayar. Di pulau yang satu ini terdapat sekitar 153 destinasi wisata seperti Pulau Punagaan, Liang Kareta, Pantai Pinang, dan lain sebagainya. Untuk menuju ke pulau ini, kamu bisa menggunakan jalur darat, laut dan udara. 

Jika ingin menggunakan jalur darat, kamu bisa menggunakan mobil atau bus dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 125 ribu hingga Rp. 150 ribu per orangnya. Perjalanan di mulai dari Terminal Mallengkeri Makassar dengan waktu tempuh selama enam jam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Bira lalu menyeberang menuju Pelabuhan Pamatata, Pulau Selayar. Setiap harinya bisa menggunakan jalur darat mulai pukul 4 pagi hingga pukul 9 pagi WITA. Nah, untuk jalur laut terdapat dua pilihan kapal yaitu kapal kayu tradisional milik warga dan kapal feri bermotor tiga. Untuk biaya nya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp. 50 ribu per orangnya. Untuk jadwal keberangkatan kapal eri tersedia dari pagi hari hingga sore hari. Jarak tempuh penyebrangan feri dari Makassar menuju Pulau Selayar kurang lebih selama 2 jam.

Nah, kalau kamu ingin menuju ke kawasan lain di Pulau Selayar seperti Taman Nasional Takabonerate maka kamu membutuhkan waktu tempuh selama 4 jam dari Pelabuhan Pattumbukang Pulau Selayar. Selain jalur darat dan laut, kamu bisa juga menggunakan jalur udara dengan maskapai Wings Air langsung menuju Pulau Selayar.  Rute penerbangan Wings Air tersedia satu kali sehari dengan kisaran harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per orang dari Makassar. Waktu tempuhnya sekitar 40 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar menuju Bandar Udara H Aroeppala, Pulau Selayar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.