Beberapa Kuliner Khas Surabaya yang Menggugah Selera

Tidak hanya di kenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga terkenal dengan destinasi wisata nya yang beragam. Tak heran jika saat liburan akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung ke Surabaya hanya untuk berlibur atau jalan – jalan. Mulai dari destinasi wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja, wisata kuliner bisa kamu temukan di kota ini. Nah, berbicara wisata kuliner tak lepas dari yang namanya kuliner khas dari daerah masing – masing. Surabaya juga cukup terkenal dengan wisata kuliner khas nya yang menggugah selera. Nah, mau tahu apa saja kuliner khas Surabaya yang bisa kamu cicipi selama berada disana? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Rawon

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang berbentuk sup daging dengan bumbu yang di dalamnya mengandung kluek. Bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi yang di potong kecil – kecil sehingga bumbu sup yang digunakan meresap hingga ke dalam permukaan daging. Selain kluek, ada juga tambahan bumbu lainnya seperti bawang merah,, bawang putih, lengkuas, serai, ketumbar, dan lain – lain. Pada umumnya rawon disajikan dengan nasi putih dan beberapa bahan tambahan seperti tauge kecil, kerupuk udang, daun bawang, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

2. Rujak Cingur

Sekilas kuliner yang satu ini hampir mirip dengan gado – gado, namun bahan – bahan yang digunakan dan rasanya pun berbeda. Selain itu saus bumbunya pun berbeda karena menggunakan petis dan bahan lainnya. Yang menjadi keistimewaan dari Rujak Cingur ini adalah perpaduan rasa dari sayur – sayuran, buah – buahan, dan saus petis yang menghasilkan rasa manis, gurih, legit dan sepat menjadi satu sehingga memberikan cita rasa yang khas pada Rujak Cingur ini. Selain itu rasa kenyal dari cingur, tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.

3. Tahu Tek

Bisa dibilang kuliner khas Surabaya yang satu ini terbilang sudah cukup legend di kota ini, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah banyak yang menjajakan kuliner ini. Selain tahu goreng, di sajian ini terdapat telur, kentang, tauge, dan lontong. Tahu tek ini sangat khas karena disajikan dengan saus petis yang sangat nikmat. Karena porsinya yang lumayan banyak dan mengenyangkan, tahu tek cocok dijadikan sebagai menu utama makan siang atau makan malam.

4. Lontong Balap

Jenis makanan yang terbuat dari beras memang sangat beragam, salah satunya adalah lontong. Ya, makanan yang dibungkus memakai daun pisang atau juga menggunkan bahan plastik ini biasanya banyak disajikan dipinggir – pinggir jalan sebagai jajanan pengganjal perut. Lontong yang termasuk makanan asli indonesia ini biasanya suka dicampur dengan makanan lainnya seperti tahu, toge, kuah, kecap manis, kerupuk dan pelengkap lainnya seperti makanan lontong balap khas surabaya yang satu ini. Rasa lontong balap khas surabaya ini juga sangat enak dan pas sekali untuk dijadikan sebagai makanan pengganjal perut saat kita sedang merasa lapar.

5. Lontong Kikil

Pernahkah kamu mendengar nama lontong kikil? Makanan yang satu ini terbuat dari kulit kaki sapi yang dimasak bersama bumbu-bumbu yang mirip seperti soto, namun berwarna lebih merah. Dinamakan lontong kikil karena kikil yang telah masak disajikan bersama irisan lontong. Di Surabaya, ada banyak depot makan lontong kikil enak yang wajib kamu coba. Menariknya, lokasi-lokasi lontong kikil ini tersembunyi di jalan – jalan sempit.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.