Beberapa Destinasi Wisata Baru di Kalimantan yang Bisa Dijadikan Sebagai Wisata Akhir Pekan

Menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata merupakan hal yang sangat menyenangkan apalagi berkunjung ke suatu tempat yang menawarkan keindahan alam yang sangat memukau seperti berkunjung ke pantai. Menikmati liburan tentunya memiliki tujuan untuk menghilangkan rasa stres dan penat dari tuntutan pekerjaan yang dirasakan selama seminggu full. Nah, jika liburan kali ini belum tahu mau kemana mendingan berkunjung ke Kalimantan aja yuk! Belakangan ini Kalimantan memiliki destinasi wisata baru yang bermunculan, dijamin membuat liburan kamu kali ini lebih menyenangkan. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

 

1. Danau Kakaban

Danau Kakaban merupakan danau yang terbentuk karena adanya air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban dan bercampur dengan air di dalam tanah dan air hujan. Lokasinya berada di Pulau Kakaban, Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona ditambah lagi dengan adanya ribuan ubur – ubur yang hidup di dalamnya. Namun jangan khawatir, ubur – ubur yang ada di danau ini cukup bersahabat dan tidak akan menyengat seperti ubur – ubur pada umumnya.

2. Goa Bloyot

Nah, untuk kamu yang berjiwa petualang maka tak ada salahnya berkunjung ke Goa Bloyot yang lokasinya berada di Kampung Merbabu, Kecamatan Kela, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di goa ini kamu bisa melihat rekam jejak manusia purba yang terlihat jelas dari lukisan tangan yang terpampang di dinding goa. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu bisa berjalan kaki selama 2 hingga 3 jam dari Kampung Merbabu. Gua Bloyot ini terletak di tebing-tebing curam, yang cukup sulit untuk dijangkau orang kebanyakan saat ini. Pintu masuk “rumah” diawali dengan lubang sempit yang diapit pepohonan di permukaan yang cukup miring, sekitar 45 derajat. Lubang tersebut merupakan pintu masuk ke ruang goa yang cukup luas berhiaskan stalagtit didalamnya. Perjalanan menuju ruang tamu harus melewati lorong yang terputus oleh dinding batu. Tangga kayu telah terpasang untuk memudahkan wisatawan untuk mendaki.

3. Kampung Dayak Teluk Sumbang

Udah jauh – jauh ke Berau, nggak lengkap dong jika melewatkan satu tempat kece yaitu Kampung Dayak Teluk Sumbang. Perkampungan Suku Dayak Basapini terletak di Kabupaten Berau yang masih memgang teguh tradisinya.
Yang menarik di tempat ini adalah view menghijau yang menyejukkan mata dan juga bergama kegiatan unik masyarakat setempat yang cuma ada di sana.

4. Karst Sangkulirang Mangkalihat

Jika kamu  menyukai film Avatar tentunya tak asing lagi dengan spot kece yang satu ini yaitu Karst Sangkulirang Mangkalihat. Lokasinya berada di Kalimatan Timur tepatnya berada di Kabupaten Kutai Timur. Seperti halnya kawasan karst, lokasi dari Sangkulirang Mangkalihat ini pun dikelilingi oleh dinding – dinding terjal, gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis, serta perbukitan hijau yang membuat para wisatawan terkagum – kagum. Keindahaan kelompok karst berukuran raksasa ini membenteng dari Kabupaten Kutai Timur hingga ke Kabupaten Berau.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.