Babat Gongso Semarang

Jika kita ketahui bahwa jarak antara Kota Yogyakarta dengan Kota Semarang tak terlalu jauh yaitu sekitar 125 kilometer saja. Namun siapa sangka jika di Kota Yogyakarta terdapat banyak tempat yang menjual kuliner khas dari Kota Semarang, diantaranya adalah tahu gombal dan babat gongso. Salah satu tempat makan yang menjual makanan bercita rasa khas Semarang adalah Babat Gongso Semarang. Lokasi rumah makan yang satu ini terletak di Dusun Soragan Kelurahan Ngestiharjo Kabupaten Bantul. Rumah makan ini menjadikan babat gongso sebagai menu utamanya.

Sang pemilik bernama Dian Megantara memiliki ide untuk berjualan Babat Gongso di Yogyakarta, karena menurut ia di Yogyakarta masih sedikit yang berjualan babat gongso dan hal tersebut ia jadikan sebagai peluang usahanya. Dorongan untuk membuka usaha babat gongso di Yogyakarta ia dapati karena memang istrinya yang berasal dari Kota Semarang. Meskipun menjual kuliner makanan yang terbilang cukup tradisional namun rumah makan yang ia kelola memiliki konsep desain yang modern dan minimalis serta di dominasi dengan warna putih. Rumah makan nya buka dari pukul 11.00 hingga 21.00 setiap harinya.

Menu yang disediakan di rumah makan ini terdapat beberapa varian babat gongso mulai dari babat gongso, babat pete gongso, babat iso telur gongso, dan beberapa menu varian lainnya. Semua menu babat gongsonya dimasak dengan racikan bumbu yang sama apalagi saat mencoba babat gongso telur, bumbu yang terdapat didalamnya sangat terasa nikmat. Bumbu – bumbu rempah yang digunakan pun tak lain yaitu bawang merah, bawang putih dan cabai. Babat yang dimasak dengan beragam bumbu dengan tambahan telur menghasilkan perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Sebagai pelengkap untuk memakan babat gongso agar terasa lebih segar yaitu dengan ditambahkannya acar mentimun dan kubis. Tak hanya aneka varian babat gongso saja yang ditawarkan oleh rumah makan ini namun menu lainnya yang bisa kamu pesan adalah mie goreng, mie rebus, dan nasi goreng. Untuk menu – menu tersebut ketika dimasak ditambah dengan jeroan daging sapi. Untuk harga, kamu tak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 saja maka pengunjung sudah bisa menikmati seporsi nasi babat gongso.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.