Berpijak di Atas Awan Puncak Tertinggi Bromo

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur ketika liburan ada satu lokasi wisata yang tak boleh dilewatkan yaitu Gunung Bromo, mungkin namanya sudah tidak asing lagi terdengar di kuping Anda. Gunung Bromo juga sudah termasuk sebagai sebuah destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Semua wisatawan yang datang kesini bertujuan untuk menaklukkan puncaknya. Wisata alam yang satu ini memang memiliki seribu hal yang dapat memikat Anda, tak hanya pesonanya saja melainkan juga adrenalin, termasuk sebagai jajaran pegunungan tinggi di Jawa Timur yang juga dapat disejajarkan dengan Semeru.

Hanya saja untuk kamu yang memiliki rencana kunjungan saat ini sebaiknya ditunda dulu, mengingat kondisi Bromo sendiri yang kurang stabil untuk pendakian. Gunung Bromo baru saja mengalami letusan bahkan beberapa penduduk yang ada di sekitarnya harus mengungsi sehingga kunjungan untuk pendakian sementara ini harus di tutup terlebih dahulu. Namun  Anda tidak perlu khawatir, karena memang saat ini bukan waktu yang tepat untuk melakukan hiking menaklukkan puncaknya. Bulan Juni hingga Agustus nanti, akan jauh lebih tepat kamu datang pada saat bulan kesodo yang artinya Anda berkesempatan juga untuk menyaksikan secara langsung upacara yang dilakukan oleh masyarakat suku Tengger yang pada umumnya mereka mengadakan upacara semacam sedekah bumi yang akan di berikan kepada dewa kepercayaan yang memang menghuni kawasan tersebut.

Bromo sendiri berada di kawasan Pasuruan, jika kamu datang langsung ke gunung ini kamu bisa langsung ikut pendakian. Tidak perlu khawatir kalau kamu ikut pendakian karena pada saat dibuka memang ada banyak sekali tim-tim yang ikut mendaki, dalam artian memang selalu ramai dengan pengunjung. Hanya berbekal bahan logistik dan juga persiapan untuk menginap di perjalanan kamu bisa mencapai puncaknya. Hanya saja kondisi pegunungan yang tidak menentu membuat kamu harus ekstra waspada, siapa tau hujan akan datang. Sebenarnya selain mengandalkan kaki ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa sampai ke puncak gunung ini, diantaranya dengan menggunakan mobil jeep atau kamu juga bisa mengendarai motor cross, hanya saja tak jauh berbeda dengan penjelajahan biasa kamu akan mendapati medan terjal nan berliku.

Menariknya dari gunung ini adalah saat kamu menjumpai lautan pasir, ada hamparan pasir yang akan membuat kamu merasa seperti di kawasan Timur Tengah. Beberapa orang bahkan tak segan untuk menyewakan kendaraan atau kuda hanya untuk mengarunginya, tarifnya pun sangat terjangkau untuk Anda yang ingin mengarungi kawasan tersebut selama beberapa saat. Nah untuk kamu yang memang petualang sejati, untuk sampai ke puncak adalah hal yang paling dinanti – nantikan.

Mencapai puncak Bromo memang bukan perkara yang mudah, namun pastinya akan ada kepuasan tersendiri bagi kamu yang sudah berhasil menaklukkannya. Bromo termasuk sebagai kawasan gunung berkabut, kamu yang datang di saat pagi tiba akan menyaksikan secara langsung matahari yang baru terbit ditambah dengan awan tebal yang rasanya ada di bawah kaki Anda. Itu merupakan sebuah pemandangan yang sangat indah, datanglah dengan teman-teman pada saat yang tepat untuk menyaksikan secara langsung keindahan matahari terbit dari puncak Bromo.

Bagi kalian yang sudah pus melihat pemandangan tersebut saat yang tak boleh terlupakan lainnya adalah berfoto, abadikan moment sebanyak mungkin di puncak Bromo tersebut. Paling tidak Anda sudah memiliki kenangan bahwa pernah menaklukkan salah satu bagian tertinggi di pulau Jawa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.