Aneka Oleh – Oleh Khas Cirebon yang Bisa Dibawa Pulang

Kebiasaan membawa oleh – oleh sehabis bepergian sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Pada awalnya oleh – oleh adalah buah tangan atau sesuatu yang kita buat sendiri. Jadi merupakan hasil pekerjaan tangan kita dan ini biasanya berbentuk makanan. Namun ada juga oleh – oleh yang berbentuk kuliner khas dari daerah yang kita kunjungi seperti misalnya Nasi Lengko yang merupakan kuliner khas Cirebon. Berbicara mengenai oleh – oleh khas Cirebon, berikut ada beberapa kuliner khas Cirebon yang bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya! 

1. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay merupakan salah satu minuman khas Cirebon yang sudah ada sejak tahun 1936. Berbeda dengan sirup pada umumnya, Sirup Tjampolay memiliki rasa yang cukup unik yaitu rasa pisang susu, frozen rose, nanas, jeruk, asam, dan lain – lain. Daripada bingung mencari oleh – oleh maka tak ada salahnya memilih sirup yang satu ini sebagai oleh – oleh dari Cirebon. Sirup Tjampolay dikemas dalam botol kaca memiliki ukuran 630 ml, dilengkapi label serta penutup botol yang tetap mengusung rencana kesederhanaan atau tetap sama sesuai waktu pertama kali di produksi. Sirup Tjampolay terbuat dari beberapa bahan alami serta memakai gula murni, inilah yang bikin cita rasa Sirup Tjampolay terus terjaga sampai sekarang ini. Untuk harga per botol nya pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 27.500 dengan ukuran 630 ml.

2. Keripik Tempe dan Keripik Oncom

Nah, buat kamu yang suka gurih – gurih bisa memilih keripik tempe sagu dan keripik oncom sebagai oleh – oleh. Biasanya oleh – oleh ini bisa kita temukan di daerah Bandung, namun di Cirebon juga ada dan rasanya pun tak kalah nikmatnya. Jika keripik tempe khas Bandung menggunakan bumbu namun berbeda dengan keripik tempe khas Cirebon yang menggunakan tepung sebelum di goreng dan dilapisi dengan sagu agar lebih renyah. Sementara kripik oncomnya juga digoreng kering dan polos tanpa tepung, alhasil rasa gurih dari oncomnya masih terasa. Keduanya dijual Rp 25.000 satu kemasan.

3. Aneka Macam Olahan Udang

Olahan Udang yang bisa kamu temukan di daerah Cirebon antara lain terasi, kerupuk udang, petis udang, abon udang, dan udang goreng. Olahan tersebut dapat bertahan lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh – oleh. Untuk membuat udang goreng, udang yang digunakan adalah udang yang berukuran kecil – kecil lalu diberi tepung bumbu dan sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Sedangkan untuk abonnya memiliki warna lebih putih dari abon sapi, teksturnya pun lebih halus tanpa sisa – sisa bagian udang yang terlihat. Untuk harga 175 gram udang goreng Rp 50.000, dan abon udang Rp 85.000.

4. Bumbu Empal Gentong

Empal Gentong merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang wajib untuk kamu coba ketika berkunjung ke kota yang satu ini. Makanan ini adalah salah satu jenis makanan berkuah dan memiliki rasa yang sangat nikmat. Untuk membuat kuliner khas Cirebon yang satu ini terbilang cukup mudah dan tidak sulit. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba memasak sendiri dirumah bisa membeli bumbu empal gentong nya saja yang sudah disediakan. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 25 ribu per 1 Kg.

5. Aneka Sambal khas Cirebon

Di Cirebon kamu bisa menemukan dua sambal khas Cirebon yang bisa dijadikan oleh – oleh yaitu Sambal Nasi Goreng Jamblang dan Sambal Goreng Ikan Jambal Roti. Kedua sambal tersebut sangat nikmat disantap ketika mencicipi kuliner khas Cirebon. Sambal Nasi Goreng Jamblang memiliki tekstur berupa cacahan cabai kasar dan memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Sedangkan Sambal Ikan Jambal Roti menggunakan terasi dalam pengolahannya dan rasanya pun sedikit lebih pedas.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.