Aneka Kuliner Bakso di Festival Bakso Nusantara

Rasanya sudah tak asing lagi ketika pertama kali mendengar kuliner Bakso, pasalnya kita bisa menemukan kuliner yang satu ini di setiap daerah. Bisa dibilang Bakso merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Tak hanya memiliki bentuk bulat saja, namun kini kita bisa menemukan berbagai jenis bakso dengan aneka bentuk dan rasa. Hal ini dimanfaatkan oleh salah satu penyelenggara Festival Bakso untuk menyajikan berbagai jenis bakso ke tengah – tengah masyarakat. Dalam festival ini terdapat sedikitnya 10 jenis bakso berbeda yang bisa kamu nikmati. Festival kuliner bakso ini diselenggarakan mulai dari tanggal 28 September 2017 hingga tanggal 08 Oktober 2017 di West Lobby Living World Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan.

Nah, untuk kamu yang bingung liburan kali ini mau kemana maka tak ada salahnya berkunjung ke Festival Bakso yang ada di Mall Living World ini. Berbagai jenis bakso bisa kamu temukan dalam festival ini. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya..

1. Bakso Goreng Gajah

Saat pertama kali mendengar nama bakso yang satu ini, pasti terlintas di pikiran kita adalah Bakso yang memiliki ukuran besar. Nah, jika bakso rebus dengan ukuran yang cukup besar sudah biasa namun di Festival Bakso ini kamu akan menemukan bakso unik dengan ukuran yang cukup besar yaitu Bakso Goreng Gajah. Bakso Goreng ini berisikan adonan daging ayam dan udang. Meskipun cara penyajiannya yang cukup berbeda, namun tak perlu khawatir akan rasanya karena bakso goreng ini renyah di luar dan lembut di dalam. Di setiap porsinya, bakso ini disajikan bersamaan dengan sambal khusus dengan rasa asam pedas. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 8 ribu dengan ukuran 4 centimeter hingga Rp. 39.000 dengan ukuran jumbo yakni 10 centimeter. Selain di Festival Bakso, kamu juga bisa menemukan Bakso Goreng Gajah ini di Pasar Ahpong Sentul, Pasar BSD, Pasar PIK, dan lain sebagainya.

2. Bakso Iga Pak Topi

Menu bakso lainnya yang juga di jajakan dalam Festival Bakso adalah Bakso Iga Pak Topi. Empuknya daging iga yang masih menempel di tulang, dibalut padatnya daging bakso racikan Bakso Iga Pak Topi membuat siapa saja yang menikmatinya akan ketagihan. Dalam satu gigitan, kamu bisa merasakan bakso sekaligus daging iganya yang empuk. Agus Indarto, sang pemilik sekaligus pembuatnya mengatakan, tulang dan daging iga dimasak dahulu 2-3 jam hingga empuk, baru diolah dengan bakso dan rempahnya. Dalam satu porsi bakso iga, terdapat satu bakso iga besar, dengan dua bakso kecil, juga sayur, mi, dan pelengkap lainnya. Satu porsi tersebut dijual Rp 35.000. Sampai saat ini, Bakso Iga Pak Topi baru bisa didapatkan di gelaran festival-festival kuliner Jabodetabek.

3. Bakso Tulang Sumsum

Kalau bosan dengan bakso yang biasa maka tak ada salahnya kamu mencicipi Bakso Tulang Sumsum. Dalam satu porsi bakso, kamu bisa menyeruput dua sumsum sekaligus dan menyantap bakso yang terdapat dalam satu porsi tersebut. Bakso Tulang Sumsum sangat lezat dinikmati ketika masih hangat, apalagi tulang sumsum nya yang dapat dinikmati dengan menggunakan sedotan. Untuk bakso nya pun bervariasi seperti bakso rawit, bakso keju, dan lain sebagainya. Untuk satu porsi Bakso Tulang Sumsum, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 30 ribu hingga Rp. 40 ribu. Tak hanya di Festival Bakso Nusantara saja, namun kamu bisa menemukan kedai Bakso Tulang Sumsum ini di Jalan Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat.

4. Bakso Kelapa

Sudah pernah mendengar kuliner Bakso Kelapa sebelumnya? Atau sudah pernah mencicipinya? Kalau belum, datang saja ke Festival Bakso Nusantara. Disana kamu akan menemukan bakso yang disajikan di atas batok kelapa muda lengkap dengan daging kelapanya. Tak ada yang berbeda dengan bakso pada umumnya, hanya saja cara penyajiannya yang berbeda. Citarasa kuah bakso nya pun tetap gurih, apalagi jika kamu turut mengeruk daging kelapanya maka akan ada sensasi manis – manis nya di sela – sela rasa gurih kuah bakso. Untuk satu porsi Bakso Kelapa ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 45 ribu satu porsinya. Uniknya lagi, kamu juga bisa meminum air kelapanya langsung di wadah yang lain.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.