Aneka Jajanan di Kota Jakarta yang Paling Hits di Tahun 2016

Mendengar nama Jakarta, banyak melintas dipikiran kita sebagai ibukota negara, budaya nya obyek wisata nya, macet nya, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan kuliner Kota Jakarta? Seru juga kalau datang ke Jakarta bisa menikmati berbagai macam kuliner yang enak dan nikmat. Banyak tempat kuliner di Jakarta yang bisa di datangi oleh siapapun yang ingin memanjakan perutnya di Jakarta. Menikmati makanan yang enak dengan aneka menu pilihan sesuai selera.

Namun tahukah kamu di sepanjang tahun 2016 ini banyak makanan yang menjadi buah bibir di beberapa sosial media? Tak hanya makanan berat saja namun juga jajanan pinggir jalan juga menghiasi jagad dunia maya. Nah, berikut ada beberapa jajanan yang cukup hits di Jakarta yang tak hanya bisa kamu temukan di ibukota saja, namun camilan berikut ini bisa kamu temukan di berbagai daerah.

1. Rujak Cireng

Rasanya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini yaitu Cireng. Cireng merupakan kuliner khas Bandung yang banyak dicari dengan bermacam bentuk dan isi dalam varian aneka rasanya. Penyajian cireng dengan bumbu rujak atau biasa disebut dengan Rujak Cireng adalah salah satu yang paling menarik untuk dicoba. Secara sederhana, bahan pembuatan cireng menggunakan tepung aci. Akan tetapi cara membuatnya terdapat bermacam – macam variasi dan salah satunya yang sedang populer saat ini adalah cireng crispy yang bertekstur lebih renyah. Empuk dan kenyalnya cireng dipadukan dengan pedasnya sambal rujak, pastinya akan membuatmu katgihan. Apalagi makannya ketika masih hangat, dijamin bikin nambah.

2. Kue Cubit Grean Tea

Mungkin jika dilihat dari namanya terkesan agak sedikit unik yaitu Kue Cubit. Ternyata kue ini adalah jajanan tradisional yang biasanya di jajakan di Kota Jakarta dan Bandung. Meskipun kue cubit dikatakan sebagai jajanan tradisional di era tahun 1990 – an namun jangan salah jika kue yang satu ini banyak digemari oleh banyak orang karena harganya yang terjangkau. Kue Cubit ini memiliki citarasa manis dan bertekstur empuk sehingga sangat disayangkan jika jajanan satu ini untuk dilewatkan. Pada umumnya kue cubit merupakan kue yang  berukuran kecil lalu ditambahkan dengan meses. Namun kali ini kue cubit yang sedang nge – trend adalah Kue Cubit Greentea yang menggunakan adonannya dari greentea. Penggemar kue cubit greentea ini juga sangat banyak mulai dari kalangan anak – anak hingga dewasa.

3. Seblak

Seblak merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang terbuat dari kerupuk mentah yang direbus atau di rendam dengan air panas sehingga membuat tekstur kerupuk tersebut menjadi kenyal. Saat di olah, tak hanya kerupuk saja melainkan juga ditambahkan dengan berbagai topping seperti bakso, sosis, ceker ayam, sayuran, telur ayam dan satu lagi yang tak boleh ketinggalan adalah cabai. Rasa pedas pada kuliner tersebut dapat membius lidah siapa saja yang menikmatinya.

4. Cheese Ramen

Cheese Ramen merupakan makanan khas Jepang yang saat ini sedang populer di Kota Jakarta. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner yang bahan dasarnya terbuat dari mie ala negeri sakura yang di tambahkan keju pada saat penyajiannya. Ramen yang memiliki tekstur kenyal berpadu dengan gurihnya keju tentunya akan memanjakan lidah kamu saat mencobanya. Kuliner yang satu ini sangat di gemari oleh kalangan anak muda.

5. Martabak Pokeball

Tahun 2016 ini ada sebuah games yang menjadi viral di kalangan masyarakat yaitu Pokemon Go. Nah, berkat game fenomenal tersebut sebagian pengusaha kuliner menciptakan varian baru pada kuliner nya contohnya saja Martabak Pokeball. Pada umumnya martabak ini berbahan dasar sama namun yang membedakan adalah tampilannya yang dibuat semirip mungkin dengan game aslinya. Perpaduan red velvet crumble, biskuit oreo, dan taburam cream cheese menjadikan makanan manis ini begitu booming dan sangat digemari oleh masyarakat.

6. Es Krim Jipangyi

Nah jika kamu sudah mencicipi beragam jajanan ringan, kini giliran membuat lidahmu dingin alias menyantap es krim. Es krim yang cukup populer adalah Es Krim Jipangyi. Es krim yang terbuat dari jagung ini cukup terkenal di Korea. Keunikan es krim jipangyi yang berbentuk cone ini juga menjadi hits di kalangan anak muda Indonesia. Biasanya es krim ini berbentuk huruh J, U, dan V, sehingga es krim bisa diletakkan pada ujung cone yang mengalir diseluruh bagian dalam cone.

7. Mochi Es Krim

Mochi Es Krim saat ini menjadi salah satu jajanan yang sedang naik daun. Tak hanya disukai oleh anak – anak saja bahkan remaja hingga orangtua pun sangat menyukai jajanan yang satu ini. Saat ini Kue Mochi sudah memiliki banyak varian rasa mulai dari strawberry, kacang – kacangan, sarikaya, cokelat dan lain – lain. Kue Mochi pada umumnya berbentuk bulat dan diselimuti oleh tepung pada seluruh permukaannya. Namun, seiring berkembangnya zaman, kue mochi juga mengalami banyak inovasi seperti salah satunya adalah Mochi Es Krim. Saat ini Mochi Es Krim menjadi jajanan yang banyak di cari oleh banyak penggemar kuliner. Kenyalnya mochi dikombinasikan dengan manis dan dinginnya es krim, pastinya enak dan segar banget.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.