Air Terjun Efrata di Kabupaten Samosir yang Mempesona

Pulau Samosir memang tenar dengan wisata danau Toba, akan tetapi, tahukah kamu bahwa terdapat destinasi  lainnya yang wajib dikunjungi. Di sekitar Danau terbesar di Asia ini terdapat sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Efrata. Destinasi ini wajib dikunjungi untuk kamu yang mendatangi kawasan wisata alam Danau Toba.

Air terjun Efrata ini berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian atau sekitar 20 km dari pusat kota Samosir. Memiliki panorama keindahan alam yang mempesona sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sini saat akhir pekan atau hari libur tiba.  Memang untuk destinasi di Danau dari Pulau Samosir ini, para pengunjung tak hanya bersinggah di Danau Toba saja. Tuktuk dan Tomok merupakan destinasi selanjutnya yang seringkali dipilih oleh para wisatawan. Tetapi, Air terjun Efrata pun tak kalah indahnya untuk dipilih. Terlebih untuk kamu para pecinta alam.

Rute menuju ke Sampuran Efrata terbilang tak rata dan lumayan berkelok – kelok, jadinya para wisatawan harus lebih berhati  -hati. Di samping itu, di sepanjang jalan menuju ke lokasi, kamu akan melewati area pedesaan yang menyuguhkan keindahan alam sejauh mata memandang dan tak ketinggalan pula papan petunjuk yang dapat membantu mengarahkan para wisatawan.  Menuju ke air terjun Efrata sangatlah berbeda dengan perjalanan di air terjun lain, karena tak perlu berjalan kaki maupun mendaki. Rute menuju ke Efrata dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor dan bisa berhati – hati agar berkendara lebih nyaman.

Melihat adanya arena jalan yang cukup tak beraturan tetapi dapat dilewati oleh para pengunjung yang berdatangan. Selama menempuh perjalanan, para pengunjung melewati pemukiman warga, jadinya lebih nyaman karena ada banyak petunjuk yang membantu. Sekalipun bingung, bisa bertanya pada masyarakat setempat dengan mudah.

Di sisi lain, air terjun ini terbilang cukup tinggi dengan air bersih dan segar yang mengalir dengan derasnya. Tetumbuhan dan pepohonan pun tumbuh di pinggiran dan di sekitar destinasi, hingga menambah asri saja. Namun tetapi, dikarenakan dedaunan dan dahan pohon yang tak dibersihkan membuat area wisata ini kurang bersih optimal. Dikatakan pula bahwa area kolam tempat dimana genangan air terkumpul terlihat kurang bersih karena terdapat ranting dan dahan yang berjatuhan dari pepohonan di atasnya.

Air terjun setinggi 100 meter ini dapat dituju dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil. Kemudian nantinya bisa diparkirkan di rumah – rumah penduduk sekitar yang memang menyediakan layanan penitipan kendaraan. Cukup membayar 2000 rupiah untuk parkir motor dan parkir mobil 5000 rupiah saja. Selanjutnya, dari parkiran menuju ke destinasi dapat dijangkau dengan berjalan kaki tanpa harus ngos – ngosan. Di tambah atmosphere sekitar yang tampak asli dan natural semakin menambah suasana hati menjadi senang saja.

Sebagai peralatan penunjang, kamu bisa mempersiapkannya sedari awal seperti kamera yang nantinya dimanfaatkan untuk mengabadikan moment selama berwisata di air terjun ini. Di tambah pula beberapa keperluan lain agar nantinya dapat menikmati suasana di sini dengan lancar. Suasana segar dan sejuk ini sangat pas untuk dinikmati menjelang siang. Jadinya tidak terlalu panas maupun kesorean.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.