6 Kuliner Khas Surabaya yang Cocok Dijadikan Sebagai Oleh – Oleh

Wisata budaya, wisata kuliner dan wisata alam adalah bagian aset dari Kota Surabaya. Tak hanya itu saja, makanan tradisional dan oleh – oleh khas Surabaya lainnya telah menjadi bagian dari identitas kota di Jawa Timur yang memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan. Ada semacam aturan tak tertulis dimana ketika seseorang mengunjungi suatu daerah, pasti membawa oleh – oleh atau cenderamata dari daerah tersebut. Demikian juga ketika sedang berkunjung ke Kota Surabaya, ada beberapa jenis oleh – oleh khas Surabaya yang populer di kalangan penikmat perjalanan untuk dibawa pulang. Nah, berikut ada beberapa oleh – oleh khas Surabaya yang paling banyak dicari oleh wisatawan dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. 

 

1. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran merupakan makanan yang bahan dasar nya diambil dari hasil laut Pantai Kenjeran. Karena hasil lautnya yang melimpah, maka para nelayan dan warga sekitar berinovasi untuk mengolah hasil laut mereka menjadi makanan dengan citarasa baru, yaitu dijadikan makanan ringan berupa kerupuk. Ada berbagai hasil laut yang diolah menjadi kerupuk seperti cumi, rumput laut dan kerang. Di kawasan Pantai Kenjeran banyak sekali pedagang yang menjual kerupuk ini sehingga kamu bisa membelinya dalam keadaan mentah ataupun siap makan.

2. Guna – guna Snak

Guna – guna Snak merupakan oleh – oleh khas Surabaya yang cocok untuk kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk orang – orang terdekat. Jenis makanan ini berasal dari olahan singkong dan kentang yang dikemas secara menarik serta memiliki varian rasa. Varian rasa yang terkenal antara lain keripik balado, keripik kentang manis pedas, keripik buah naga, bakso goreng, dan samosa. Rasanya enak, renyah dan gurih sehingga pas untuk dijadikan sebagai oleh – oleh. Harganya pun terbilang relatif murah yaitu sekitar Rp. 10.000 per bungkusnya.

3. Almond Crispy

Almond Crispy merupakan salah satu jajanan yang sedang hits di Kota Surabaya. Meskipun awal kemunculannya masih belum cukup lama namun Almond Crispy berhasil menjadi salah satu primadona oleh – oleh khas Kota Pahlawan. Jajanan ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, keju dan juga almond sebagai topping. Biar pun bahan dasarnya terbilang cukup sederhana namun rasa yang dihasilkan tak boleh dianggap remeh. Varian rasa nya pun berbagai macam seperti rasa Original, Cokelat dan Green Tea.

4. Sambal Udang Bu Rudy

Nah, jika kamu menyukai rasa pedas atau sangat senang dengan makan – makanan pedas. Oleh – oleh yang satu ini jangan sampai kelewatan yaitu Sambal Udang Bu Rudy. Sambal udang ini biasanya banyak dicari oleh wisatawan. Sambal udang ini memiliki citarasa yang khas dimana kamu tidak akan menjumpai nya pada jenis sambal lainnya. Untuk kamu yang mencari Sambal Udang Bu Rudy ini maka kamu bisa berkunjung ke Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Disana kamu bisa menemukan berbagai jenis sambal mulai dari sambal udang, sambal bawang hingga sambal bajak.

5. Spikoe Resep Kuno

Jajanan yang satu ini merupakan jenis kue lapis yang sangat lezat. Kue yang terdiri dari tiga lapisan dengan rasa manis memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut sehingga cocok sebagai oleh-oleh ketika anda liburan atau berkunjung ke Surabaya. Spikoe Resep Kuno ada dijalan Rungkut Madya 41 Surabaya dan terdiri dari dua paket yaitu Paket Reguler dan Special.

6. Abon Sapi Padmosusastro

Olahan daging sapi ini memang banyak dicari para wisatawan yang datang ke Surabaya. Abon Sapi memiliki rasa yang sangat nikmat terlebih jika dikonsumsi bersama nasi dan lauknya. Untuk abon sapi ini tersedia dalam dua rasa yaitu manis dan pedas. Agar tidak penasaran, Abon Sapi Padmosusastro banyak dijual disekitar kota Surabaya.

 

gold, hotpink, peach navy hitam

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.