6 Jajanan di Kota Solo

Bagi pecinta kuliner sejati, menikmati makanan-makanan lezat dengan inovasi beragam tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Kuliner adalah salah satu bidang industri kreatif yang tak pernah mati suri untuk terus dikembangakan dari sisi cara pengolahan sampai penyajian yang inovatif. Dalam beberapa tahun terakhir, tentu kita banyak menyaksikan ragam inovasi kuliner yang mampu menarik minat pasar untuk mencoba. Inovasi ini pun tampaknya akan terus berlanjut hingga di masa mendatang. Terlebih, dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang gemar mencoba hal – hal baru. Nah, jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Solo maka tak ada salahnya untuk mencoba kuliner – kuliner berikut ini.

1. Bakso Bakar

Bakso Bakar khas Solo merupakan salah satu camilan yang paling banyak disukai oleh masyarakat mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Di Solo pedagang penjual bakso bakar banyak dijumpai dan menawarkan berbagai cita rasa yang khas dari bakso bakar.  Harga yang ditawarkan pun bervariasi dan cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per tusuknya. Rasanya yang lezat serta dibumbui hingga meresap membuat bakso bakar ini diminati banyak kalangan. Jika ingin mencicipi bakso bakar khas Solo ini, kamu bisa mencoba Bakso Bakar Pake Ida yang lokasi nya berada di depan SMP N 5 Surakarta.

2. Bakso Telur

Selain bakso bakar, ada juga bakso telur yang dimana bakso tersebut di lapisi telur kemudian digoreng. Dengan rasanya yang nikmat, bakso telur ini dihargai mulai dari Rp 1.000 per tusuknya. Kuliner satu ini bisa kamu temukan di depan BTC Solo tepatnya di pintu utara.

3. Cilok

Pertama kali mendengar camilan yang satu ini tentu sudah tak asing lagi, karena sangat mudah ditemukan. Cilok merupakan varian dari bakso yang disajikan tanpa kuah dan pelengkap lain seperti mie, tahu, dan pangsit. Cilok disajikan dengan cara lebih sederhana. Meskipun demikian soal rasa cilok tidak kalah enak dibandingkan bakso. Hal itulah yang membuat cilok memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Biasanya pedagang cilok menjajakannya dengan sepeda atau sepeda motor.

4. Pisang Karamel

Pisang Karamel merupakan makanan yang menggunakan pisang sebagai bahan utamanya yang kemudian pisang tersebut di balut dengan kulit lumpia yang sebelumnya di taburi dengan keju parut di dalamnya, setelah itu digoreng. Untuk karamel nya menggunakan gula pasir yang dilelehkan bersama air. Setelah itu, karamel tersebut di kucuri diatas lumpia goreng setelah matang. Rasanya tentu saja lezat, manis, legit dan crunchy.

5. Cakwe

Cakwe merupakan salah satu panganan tradisional Tionghoa yang berbahan dasar dari tepung terigu. Kudapan ini semacam roti bercita rasa gurih dengan rongga di bagian tengahnya. Biasanya cakwe dinikmati bersamaan dengan saus asam manis.

6. Sempol

Jajanan khas Malang, Jawa Timur kini bisa kamu temukan di Kota Solo tepatnya di pintu utara Stadion Manahan. Sempol pada dasarnya adalah jajanan sederhana namun sangat enak sehingga banyak yang menyukai camilan satu ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.