58 Festival Unik Segera Hadir di Banyuwangi!

Kota Banyuwangi memang memiliki banyak sekali pesona yang akan membuat kita terpacu untuk mengunjungi kota ini. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya 38 festival yang pernah diadakan oleh kota in yang sukses menarik banyak sekali wisatawan. Adapun festival yang pernah digelar seperti Batik Festival, Jazz Pantai, Festival Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival. Rencananya kota ini akan menggelar festival serupa mulai bulan Maret 2016 ini. Hanya saja akan ada perbedaan pada festival tahun ini dimana akan ada 38 festival yang baru.

Event yang akan diselenggarakan ini pastinya juga akan menarik perhatian masyarakat karena akan menghadirkan festival budaya rakyat yang saat ini sudah semakin banyak ditinggalkan. Melakukan festival ini tidak hanya untuk menarik perhatian wisatawan melainkan juga untuk meningkatkan perekonomian yang ada di Banyuwangi. Berkat adanya festival ini dilaporkan bahwa pendapatan per kapita kota Banyuwangi mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 14,7 juta (tahun 2010) dan meningkat menjadi 33,6 juta (2015). Untuk tahun 2016 ini diprediksi akan mengalami peningkatan kembali menjadi 38 juta.

Banyak sekali objek wisata yang bisa kita temukan di Banyuwangi yang pastinya sangat menarik sekali untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak orang yang memilih kota ini sebagai salah satu tujuan wisata dimana kita akan mendapatkan banyak keuntungan dari wisata ini. Bisnis wisata di kota ini juga sudah menjanjikan sekali dilihat dari banyaknya pengunjung yang masuk ke kota ini melalui Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Peningkatan signifikan ini dirasakan jika kita lihat dari 1.308 persen dari hanya 7.826 persen sebelumnya. Pada tahun 2015 penduduk mancanegara yang datang bahkan mencapai 110.234 penumpang.

Jumlah wisatawan mancanegara memang menjadi salah satu harapan bagi pemerintah setempat karena memang cukup menyumbang banyak untuk perekonomian. Pada tahun 2015 ada sekitar 40.000 wisatawan mancanegara yang datang ke Banyuwangi. Sementara untuk tahun 2016 ini ditargetkan ada 50.000 wisatawan yang akan datang ke Banyuwangi dan berasal dari mancanegara. Selain itu untuk target wisatawan domestik sendiri diharapkan bisa mencapai 2 juta pengunjung.

Memang ada banyak sekali potensi wisata yang dihadirkan oleh kota Banyuwangi yang bisa membuat kita sangat kagum. Berikut ini adalah tempat wisata tersebut antara lain:

1. Kawah Ijen, ini merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal dan juga banyak menjadi tujuan wisatawan dari mana pun mereka berasal. Pemandangan alam yang masih sangat asli dan juga kawah yang menakjubkan.
2. Pantai Plengkung, merupakan tempat wisata dimana kita bisa menemukan banyak sekali peselancar dari berbagai dunia hadir untuk mencicipi ombak di pantai ini.
3. Pantai Watu Dodol, ini merupakan pantai yang akan dilihat selama perjalanan menuju ke pelabuhan Ketapang yang memang akan menunjukan pemandangan kapal ferry yang lalu lalang.
4. Air Terjun Lider, ini memiliki ketinggian yang mencapai 1.300 meter yang akan sangat memanjakan kita terutama pemandangan yang sangat indah.

Bisa dibayangkan jika kita bisa menyaksikan beberapa festival baru di Banyuwangi pada tahun 2016 seperti Festival Perahu Layar, Festival Arung Kanal, Festival Tanam Padi, Festival Perikanan, Festival Tubing Sungai Badeng dan Festival Underwater. Pastinya ini akan memberikan pengalaman sendiri bagi kita yang akan menikmati wisata ini. Jangan ragu karena memang beberapa festival ini sudah menjadi sebuah hal yang paling menarik dan bisa meningkatkan jumlah wisatawan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.