5 Pilihan Mie Ayam di Jogja Ini Wajib Banget Untuk Kamu Coba

Kuliner di Kota Jogja tak melulu harus menikmati Gudeg, kamu juga bisa menikmati berbagai menu khas Nusantara lainnya di Kota Jogja. Salah satu kuliner yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Jogja adalah Mie Ayam. Tentunya sudah tak asing lagi dengan kuliner yang satu ini, pasalnya di setiap daerah akan dengan mudahnya kamu temukan termasuk di Kota Jogja ini.

Mie ayam merupakan kuliner khas Indonesia yang terbuat dari mie kuning rebus yang mendidih kemudian disajikan di dalam sebuah mangkuk lalu diberi tambahan saus kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Atau bisa juga ditambahkan dengan jamur, bakso dan pangsit. Berbagai macam variasi mie ayam bisa kamu temukan mulai dari mie ayam ceker, mie aam bakso, mie ayam pangsit, mie ayam jamur, dan lain sebagainya. Selain itu, kini juga ada banyak macam bahan pembuat mi untuk mi ayam. Contohnya yang sudah banyak ditemui adalah berasal dari sayuran seperti bayam, wortel, dan lain – lain. Jika kamu kebetulan sedang berlibur di Kota Jogja, berikut ada beberapa lokasi wisata kuliner Mie Ayam yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya adalah:

1. Mie Ayam Palembang A Fui

Bagi yang tinggal di Jogja untuk merasakan mie khas palembang gak usah jauh-jauh ke Pulau Sumatera. Cukup datang saja ke Gerai Mie Palembang Afui yang beralamatkan di Jl.Babarsari Tambak Bayan Caturtunggal Depok Sleman atau tepatnya berada di belakang kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Mie Palembang Afui menurut pemiliknya Bapak Afui memulai usahanya berjualan Mie Palembang sejak bulan Februari 2015. Mie Ayam Afui buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 19.00 atau bila sebelum jam tsb habis. Mie Afui menyediakan Mie dalam berbagai ukuran yaitu porsi biasa, porsi mini jumbo, porsi jumbo dan monster serta berbagai macam tambahan yaitu mie ayam biasa, mie ayam pangsit, mie ayam komplit, mie ayam bakso ikan, mie ayam jamur. Tiap-tiap gerai mie afui menghabiskan 100 Kg (1 Kwintal Mie).Mie Afui memproduksi mie dari bahan-bahan berkualitas halal serta diproduksi sendiri sehingga tak mungkin ditemukan ditempat lain. Untuk masalah harga sesuai menu pilihan serta ukuran daftar menu dan harga terlampir.

2. Mie Ayam Pak Waldi

Mie Ayam Pak Waldi merupakan daya tarik kuliner mie ayam di sekitar Condong Catur Sleman. Keberadaannya cukup dikenal oleh para pecinta mie ayam yang tinggal di sekitar daerah tersebut. Menu yang ditawarkan warung mie ayam ini cukup beragam mulai mie ayam biasa hingga mie ayam pangsit bakso ditambah balungan ayam. Mie Ayam Pak Waldi beralamat di Jalan Perumnas Condongsari Condong Catur, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Penyajian mie ayam di Warung Mie Ayam Pak Waldi disajikan diatas mangkok coklat muda dengan garis coklat gelap dan sedikit berbeda dibandingkan penyajian mie ayam yang biasanya menggunakan mangkok bergambar ayam jago. Bakmi atau mie diletakkan pada bagian dasar, potongan daun sawi hijau rebus ditaruh pada tepi agak dasar mangkok, topping potongan daging ayam diletakkan pada bagian atas mie, irisan daun bawang pada bagian paling atas, dan dua potong pangsit goreng di tepi mangkok.

 

3. Mie Ayam Sendowo (Pak Wiyono)

Mie Ayam Pak Wiyono atau lebih terkenal atau sering disebut Mie Ayam Sendowo ini berlokasi di daerah Sendowo, dekat dengan Rumah Sakit Sardjito. Menempati bangunan yang sederhana yaitu berukuran 4×4 m namun istimewanya kedai ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung setiap harinya. Untuk menuju ke kedai mie ayam ini, carilah Bank Mandiri UGM dan dari situ lokasinya sudah tidak jauh.  Mie ayam yang dijual disini adalah jenis mie ayam jawa kalau boleh saya bilang, bercitarasa gurih dan manis serta berkuah coklat yang penuh dengan bumbu. Pembeda Mie Ayam Sendowo ini dengan mie ayam lainnya adalah penambahan basreng (bakso goreng) dalam semangkuk mie ayamnya, mie yang dipakai pun lebih tebal daripada mie ayam lainnya, sehingga tak hanya mengenyangkan saja namun juga ada sensasi renyah yang sangat menyenangkan terjadi di mulut. Untuk menikmati seporsi mie ayam spesial kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 8.500 rupiah, murah banget! dengan rasa yang enak dan porsi yang besar pula.

4. Mie Ayam Goreng Mekaton

Mie Ayam Goreng Mekaton merupakan pilihan utama bersantap hidangan mie ayam goreng atau miyago di sekitar Yogyakarta dan Sleman. Keberadaannya cukup dikienal oleh para pecinta kuliner mie ayam karena warung ini tergolong salah satu pioner atau yang pertama menawar hidangan mie ayam goreng. Cita rasanya yang khas dan unik ini membuat orang-orang penasaran untuk menikmatinya. Mie Ayam Goreng Mekaton terletak di Jalan Kebon Agung, desa Margokaton, kecamatan Seyegan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Menu Warung Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan ada dua macam yaitu mie ayam goreng dan mie ayam biasa yang menggunakan kuah.

Tidak ada pilihan lain seperti tambahan pangsit goreng, bakso sapi, atau mie ayam komplit. Penyajian mie ayam goreng di Warung Mie Ayam Goreng Mekaton menggunakan piring datar seperti yang biasa digunakan untuk mie goreng atau nasi goreng. Porsi mie ayam goreng terlihat cukup banyak atau bisa dibilang porsi jumbo. Dalam satu piring mie ayam goreng terdiri dari mie atau bakmi, topping daging ayam, potongan daun sawi putih, taburan bawang goreng, dan potongan acar. Bila diperhatian secara sekilas penyajiannya mirip seperti penyajian bakmi goreng pada warung mie goreng surabaya namun bedanya aroma yang tercium masih berupa aroma sajian mie ayam.

5. Mie Ayam Tunggal Rasa

Mie ayam satu ini terbilang unik dan beda dari yang lain. Warung sederhana ini menyajikan dua menu utama yakni mie putih dan mie hijau yang menggunakan pewarna alami. Uniknya lagi, mie ayam ini disajikan dalam mangkok dari pangsit! Wow! Mie Ayam Tunggal Rasa ini terletak di Jalan Serma Taruna Ramli Nomor 3, Kotabaru, tepatnya di depan SD Ungaran. Isiannya pun cukup lengkap mulai dari potongan ayam, sawi hijau, bakso, pangsit basah dan pangsit kering. Mie ayam porsi standar saja mengenyangkan, apalagi jika memesan porsi dalam ukuran jumbo? sudah tak bisa dibayangkan gimana banyaknya. Kedai ini buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB. Untuk soal harga, kamu tak perlu khawatir karena setiap porsinya di hargai mulai dari Rp . 6.000,00 hingga Rp. 15.000,00.
Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.