5 Pantai Indah dan Cantik di Kawasan Mandalika, Lombok

Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki kekayaan yang melimpah berupa hasil tambang, hasil bumi serta keindahan alam yang sangat mempesona di sektor pariwisatanya. Keindahan alamnya bisa dilihat dari daratan hingga pemandangan bawah laut yang sangat mempesona. Salah satu pulau yang menawarkan keindahan bawah lautnya adalah Pulau Lombok yang tak kalah indahnya dengan Pulau Dewata Bali. Pulau Lombok menawarkan keindahan obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu ciri khas yang bisa kamu temui ketika berkunjung di pulau Lombok ini adalah hamparan pasir putih yang berkilauan. Pariwisata memang menjadi komoditi yang tak seterkenal Bali, padahal dari keindahan alamnya sendiri daerah yang satu ini tak kalah dengan pulau Dewata.Bahkan ketika kamu berkunjung kesini, kamu bisa mendatangi beberapa pulau kecil atau gili yang terkenal akan keindahan alamnya. Ditambah lagi dengan hadirnya Gunung Rinjani yang merupakan gunung terindah yang ada di Asia Tenggara. Hadirnya Gunung Rinjani menjadi pelengkap kemewahan wisata yang ada di pulau tersebut.

 

Di pulau ini ada sebuah kawasan yang sering disebut dengan Mandalika. Nama tersebut diambil dari nama seorang putri yang menjadi cerita legenda warga Suku Sasak di Lombok. Kawasan Mandalika terletak di Kabupaten Lombok Tengah dan memiliki garis pantai sepanjang 16 km. Nah, berikut ada beberapa pantai cantik di Mandalika yang bisa kamu kunjungi. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh bukit dan saat musim hujan tiba, bukit tersebut akan terlihat sangat hijau. Selain itu, pasir pantai nya memiliki keunikan tersendiri yakni mirip bulir – bulir merica sehingga banyak wisatawan menjuluki pantai ini dengan sebutan Pantai Merica. Tak jauh dari pantai ini ada sebuah spot wisata yang wajib kamu kunjungi, yaitu Batu Payung. Untuk mencapai spot Batu Payung, kamu bisa menggunakan perahu nelayan setempat.

2. Pantai Serenting

Pantai Serenting terletak di dekat Pantai Seger dan memiliki garis pantai ini cukup panjang dengan pasir putih. Nah, untuk kamu yang ingin mencari ketenangan maka pantai ini bisa dijadikan sebagai salah satu lokasi untuk berlibur. Pasalnya pantai ini sangat sepi dan tidak terlalu populer di kalangan wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara. Di ujung pantai, ada sebuah bukit indah yang bisa di daki sehingga kamu bisa melihat keindahan alam Pantai Serenting dari ketinggian. Biasanya pantai ini digunakan untuk perayaan Festival Bau Nyale. Saat ini, pantai ini masih dikelola secara sederhana oleh Kelompok Sadar Wisata desa setempat.

3. Pantai Seger

Keindahan pantai berpadu dengan kekentalan budaya, itulah yang akan anda rasakan di Pantai Seger. Pantai ini popular karena legenda Putri Mandalika atau putri nyale. Pada saat tradisi menangkap nyale (sejenis cacing lalut), pantai Seger akan dipadati oleh masyarakat dari seluruh pulau Lombok. Pantai Seger adalah pantai yang menjadi destinasi favorit bagi para penikmat sunset di Lombok. Di sekitar pantai ini ada sebuah resort yang halaman belakangnya langsung mengarah ke Pantai Seger.

4. Pantai Kuta

Pantai Kuta biasanya identik dengan pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. Bila Anda berpikir bahwa Pantai Kuta Bali merupakan pantai yang sangat indah, maka Anda akan takjub saat mengunjungi Pantai Kuta Lombok ini. Terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai nan indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. Serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Sehingga menyuguhkan kepada Anda pemandangan yang romantis nan menakjubkan. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan selama berada di pantai ini seperti snorkling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air sembari menanti sunset yang indah yang berada sekitar 2 km sebelah timur Pantai Kuta.

5. Pantai Gerupuk

Pantai lain di kawasan Mandalika yang tidak keren adalah Pantai Gerupuk. Di kawasan Mandalika, pantai ini dikenal sebagal salah satu lokasi surfing. Bagi yang tidak bisa berselancar, mengunjungi pantai ini bukan merupakan pilihan yang salah karna kita masih bisa melakukan banyak kegiatan menarik lain. Suasana di pantai ini sendiri tak jauh beda dengan pantai-pantai lain di Mandalika — juga Lombok secara umum, yakni berpasir putih dengan ombak di bibir pantai yang cenderung kalem. Kawasan pantai ini juga sudah cukup berkembang dengan keberadaan beberapa fasilitas pendukung. Pantai ini berjarak sekitar 9 km dari Pantai Kuta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.