5 Kuliner khas Kota Jogja yang Ada di Kawasan Malioboro

Seperti yang kita ketahui jika Malioboro sebagai salah satu pusat perbelanjaan dan kuliner di Kota Yogyakarta. Tak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung namun wisatawan asing pun tak ragu untuk berkunjung kesini untuk berwisata kuliner. Nah, berikut ada beberapa wisata kuliner di kawasan Malioboro yang bisa kamu coba. Diantaranya adalah:

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas Kota Yogyakarta yang sudah cukup terkenal hingga ke pelosok daerah. Bahkan tak hanya di kota Jogja saja, kita bisa menemukannya di setiap daerah. Namun di Kota Jogja ada salah satu kedai gudeg legendaris yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat yaitu Gudeg Yu Djum . Lokasinya berada di Jalan Wijilan No.31 Panembahan, Yogyakarta. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, sekali mencoba pasti akan ketagihan. Biasanya kedai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berwisata kuliner di Kota Jogja. Selain bisa langsung dimakan di tempat, gudeg ini juga bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Untuk satu porsi Gudeg Yu Djum di banderol mulai dari Rp. 25 ribu hingga Rp. 35 ribu.

2. Gado – gado Bu Hadi

Gado – gado tak hanya bisa ditemukan di Kota Jakarta, namun di Kota Pelajar ini kamu bisa mencicipi kuliner yang satu ini. Salah satu kedai gado – gado yang cukup terkenal adalah Gado – Gado Bu Hadi yang lokasinya berada di lantai dua Pasar Beringharjo, di ujung jalan Malioboro. Kuliner ini sudah ada sejak 50 tahun lalu, dan kini dikelola oleh generasi ketiganya. Setiap hari nya kedai ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan mulai dari pagi hingga sore hari. Rasanya yang nikmat dan lezat membuat ketagihan para pelanggannya. Untuk satu porsi gado – gado Bu Hadi dibanderol mulai dari Rp. 17 ribu rupiah.

3. Soto Ayam 61

Nah, Soto Ayam 61 merupakan kedai ssoto legendari di Kota Yogyakarta yang  lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani 61, Gondomanan. Kedai soto ini sudah ada sejak tahun 1976 dan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat lokal dan juga wisatawan yang datang berkunjung. Kedai soto ini buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 7 malam WIB. Citarasa nya yang khas dari dulu hingga sekarang masih terjaga.

4. Angkringan Lek Man

Jalan – jalan di Kota Jogja tentunya tak asing lagi dong dengan wisata kuliner Angkringan? Bisa dikatakan angkringan adalah salah satunya ikon kuliner Kota Jogja loh. Karena saking banyak nya angkringan di Kota Jogja, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Namun ada salah satu angkringan yang sudah cukup terkenal dan tidak asing di telinga yaitu Angkringan Lek Man yang lokasinya di Jalan Wongsodirjan dan tak jauh dari Stasiun Tugu. Sama seperti angkringan pada umumnya yang menyediakan nasi kucing, gorengan, aneka sate, teh, kopi, jahe, dan susu. Setiap harinya Angkringan Lek Man selalu ramai dikunjungi terutama pada malam hari. Untuk harga semua makanan yang disajikan di angkringan ini pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 3 ribu untuk nasi dan Rp. 1.000 untuk tambahannya.

5. Bakmi Jowo Mbah Hadi

Di tengah guyuran hujan Yogyakarta, atau dinginnya cuaca malam hari, kuliner ini jadi obat penghangatnya. Gurihnya racikan bumbu, hangatnya kuah, dan kenyalnya mi buatan sendiri berpadu dalam satu suapan. Bakmi Jowo Mbah Hadi berada di Jalan C Simanjuntak No 1, Gondokusuman, tempatnya persis di Pom Bensin Terban. Hanya sekitar dua kilometer dari Malioboro, atau berjarak tempuh 10-15 menit saja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.