5 Jajanan Pasar khas Indonesia yang Manisnya Berasal Dari Gula Merah

Kuliner Indonesia menjadi salah satu kekayaan nusantara yang tak pernah padam. Banyak orang yang datang jauh – jauh dari luar benua hanya untuk mencicip nikmatnya kuliner khas Indonesia yang terkenal penuh dengan cita rasa yang kuat. Setiap daerah mempunyai kuliner khas yang bisa menggoyang lidah. Terdapat beragam jenis jajanan khas Indonesia yang dimana pembuatan dan menggunakan bahan dasar yang beragam, salah satunya dengan menambahkan gula merah. Di berbagai daerah di Indonesia, tak sedikit jajanan pasar yang terbuat dari gula merah. Nah, berikut ada 5 jajanan pasar khas Indonesia yang manisnya berasal dari gula merah. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Kue Putu Bambu

Kue putu ini merupakan salah satu kue basah tradisional rakyat indonesia. Kue putu ini terbuat dari tepung beras butiran kasar, dan berisi gula merah di dalamnya serta diberi taburan kelapa parut sebagai pelengkap penyajiannya. Biasanya kue putu ini dijajakan atau dijual oleh penjual keliling, yang dimana kehadiran penjual kue putu tersebut sudah biasa kita kenal lewat suara atau bunyi pengukus kue putu nya.

2. Kue Lupis

Kue lupis pada umumnya terbuat dari bahan beras ketan yang dikukus dan dalam penyajiannya dilumuri dengan saus gula merah (gula jawa) dan ditaburi parutan kelapa. Kue tradisional khas Jawa ini memiliki citarasa yang manis dan juga enak. Umumnya kue lupis ini memiliki bentuk segitiga dan bisa ditemukan di pasar tradisional.

3. Klepon

Klepon, salah satu dari sekian ribu macam jajanan pasar tradisional yang ada di Indonesia yang siap memanjakan lidah kamu dengan rasanya yang manis legit. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola – bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Terakhir kemudian dibaluri dengan parutan kelapa.

4. Kue Ombus – Ombus

Kue Ombus – Ombus adalah salah satu jajanan khas Batak dan berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Kue ini memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti kerucut yang dibungkus oleh daun pisang, sehingga terasa lebih alami, dan terbuat dari adonan tepung dengan parutan kelapa kemudian pada bagian tengahnya diberi bahan isi berupa gula merah dan dimasak dengan cara dikukus.

5. Misro

Misro merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat terutama Kota Bandung. Terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut, dan dimana di dalamnya berisikan gula merah yang sudah diiris halus. Karena rasanya yang manis, jajanan ini sangat disukai oleh banyak orang mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.