5 Destinasi Wisata di Kota Blitar yang Bisa Dikunjungi Saat Hari Libur Tiba

Selain Malang dan Surabaya, Blitar juga memiliki destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berkunjung ke Jawa Timur. Selain itu juga, Blitar terkenal kota kelahiran dan makam Presiden pertama Republik Indonesiayaitu Ir. Soekarno.  Berbagai destinasi wisata bisa kamu kunjung mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, hingga wisata kuliner yang unik. Berikut ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kota Blitar. Diantaranya adalah : 

1. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo merupakan salah satu destinasi wisata alam di Blitar yang lokasinya terletak di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Nama pantai yang satu ini memang cukup asing terdengar di telinga namun tak perlu khawatir akan keindahan alamnya, karena banyak wisatawan yang mengatakan jika Pantai Peh Pulo sebagai Raja Ampatnya Blitar. Hal ini dikarenakan sama – sama terdapat pulau kecil di lautan walaupun tak sebanyak dan sebesar di Raja Ampat. Namun keindahan alamnya sangat mempesona dan ombaknya yang cukup tenang membuat wisatawan yang berkunjung merasa betah.

2. Rambut Monte

Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Gandusari, Kabupaten Blitar. Destinasi wisata alam yang satu ini cukup terkenal dengan keindahan alamnya berupa telaga bening dan segar yang lokasinya berada di tengah rimbunnya pepohonan sehingga menambah kesejukan di lokasi wisata. Telaga ini memiliki sumber air dibagian tengah sehingga menimbulkan efek warna biru tosca. Kesejukan di Telaga Rambut Monte tampak sempurna dengan adanya puluhan Ikan Sengkaring.

3. Air terjun Coban Wilis

Air Terjun Coban Wilis terletak dihulu Kali Semut di kawasan gunung Kelud.  Air Terjun ini terdiri dari tiga rangkaian, air terjun ketiga (air terjun utama) tingginya kurang lebih 100 meter terletak di hilir dari air terjun pertama dan kedua, air terjun ke dua yang paling kecil, sementara air terjun yang pertama lebih menarik karena bertingkat, sayang untuk sampai disana belum ada jalurnya kecuali mau menyusuri lewat sungai yang masih sulit medannya. Untuk mencapai air terjun tersebut dapat dilakukan dengan menyusuri Kali Semut dari hilir yang memakan banyak waktu dan tenaga. Alternatif lain adalah melalui jalur darat yaitu dari Kota Wlingi kearah utara sampai masuk Desa Semen.

4. Pantai Gondo Mayit

Walaupun memiliki nama yang sedikit menyeramkan namun Pantai Gondo Mayit memiliki keindahan alam yang sangat mempesona sehingga membuat siapapun yang datang kesini betah berlama – lama. Asal usul Pantai Gondo Mayit karena pada  jaman dahulu kala ditemukan banyak jenazah di pantai ini. Pantai Gondo Mayit ini berlokasi di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jika ingin menuju ke pantai ini diharapkan untuk membawa kendaraan pribadi karena minimnya transportasi umum. Lokasi nya yang jauh dari keramaian sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan camping.

5. Pantai Umbul Waru

Keunikan pantai ini terletak pada keberadaan air terjun yang airnya langsung mengerah ke Samudera Hindia.
Untuk mencapai pantai ini terbilang cukup sulit karena medannya yang terjal dan sempit.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.