4 Pantai Unik di Indonesia dengan Air Terjun Sebagai Keindahannya

Indonesia tentunya merupakan negara dengan pantai terbaik yang dimana negara ini adalah negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia yang berada di daerah tropis. Ciri geografis ini lah yang menyebabkan Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang tidak tertandingi. Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG) menyebutkan jika Indonesia memiliki total garis pantai sepanjang 99.093 kilometer. Selain memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, pantai – pantai yang ada di Indonesia memiliki keunikan masing – masing di setiap daerahnya. Berikut ada beberapa pantai di Indonesia yang memiliki keunikan berupa air terjun yang jatuh tepat di pantai.

1. Pantai Jogan, Gunungkidul

Dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi yang istimewa karena memiliki keunikan tersendiri yaitu air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut Jogan. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 10 meter dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Pantai Jogan berlokasi di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Berjarak sekitar 70 km dari Kota Jogja dan dapat ditempuh dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat Pantai Siung. Kondisi jalan yang cukup baik maka bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk tiket masuk nya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3 ribu per orang nya maka kamu sudah bisa melihat keindahan alam dan keunikan dari Pantai Jogan ini.

2. Pantai Banyutibo, Pacitan

Pantai Banyutibo bisa dijadikan sebagai salah satu referensi wisata kamu ketika berkunjung ke Pacitan. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat air terjun yang letaknya berada di pinggir pantai dan dimana air tersebut mengucur langsung ke Pantai Selatan. Lokasi nya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Nama Banutibo adalah nama yang diberikan masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada. Sumber air nya pun berasal dari mata air bawah tanah dari pegunungan karst yang berada di sebelah utara.

3. Pantai Toroan, Madura

Di Jawa Timur masih ada lagi pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu Pantai Toroan yang terletak di Desa Ketapang Daya, Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura. Berkunjung ke sini, maka kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang masih terjaga. Berjarak 43 kilometer dari pusat kota, Pantai Toroan memiliki air terjun yang langsung bermuara ke luat dengan ketinggian mencapai 20 meter. Tak hanya itu saja, di kawasan bawah air terjun terdapat bebatuan yang menambah kesempurnaan pemandangan alam di sekitar Pantai Toroan.

4. Pantai Pulau Mursala, Tapanuli Tengah

Pantai unik lainnya yaitu Pantai Pulau Mursala yang berada di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di Tapanuli Tengah. Pulau Mursala merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya berada di Kabupaten Tapanuli dan memiliki sebuah pantai yang dimana pantai tersebut memiliki air terjun yang air nya jatuh langsung ke laut. Pulau ini memiliki perairan dangkal dengan Terumbu Karang dan aneka jenis ikan termasuk ikan hias, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi snorkeling.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.