Wisata Kuliner khas Sumatera yang Pas Untuk Berbuka Puasa

Siapa yang tidak kenal dengan rendang? Makanan khas Sumatera Barat ini merupakan salah satu kuliner Indonesia yang lezat dan memiliki citarasa yang khas. Umumnya kuliner khas Sumatera Barat memiliki citarasa yang pedas dan gurih. Rendang dan Nasi Padang memang terdengar sangat menggiurkan untuk memuaskan perut yang sedang berpuasa. Tapi sebelum mencicipi kuliner pedas, ada baiknya mencicipi hidangan khas Minang lainnya yang memiliki rasa manis. Nah, untuk menikmati kuliner tersebut maka kamu tak perlu jauh – jauh pergi ke Sumatera Barat karena di Jakarta pun banyak penjual yang menjajakan kuliner khas Sumatera Barat ini. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Pariaman adalah kuliner khas Padang Pariaman yang memiliki ciri khas yaitu bumbu satenya yang berwarna coklat keruh kemerahan. Untuk menikmati kuliner ini, kamu bisa berkunjung ke Jalan Cikajang Raya No. 72, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk satenya tersedia dari berbagai pilihan seperti daging, lidah, usus, hingga jantung. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyantapnya dengan kerupuk jangek dan keripik balado. Untuk harga seporsi Sate Padang ini lengkap dengan ketupatnya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25 ribu.

2. Bubur Kampiun Bopet Mini

Berlokasi di Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, rumah makan Bopet Mini menjajakan berbagai hidangan khas Minang, salah satunya bubur kampiun. Bubur kampiun berisi beragam jenis bubur, mulai dari bubur sumsum, kacang hijau, candil, dan ketan hitam, kemudian disiram kuah santan dan gula merah. Harganya hanya Rp 10 ribu per porsi.

3. Soto Padang Bunda

Berlokasi di Jalan Bendungan Hilir Raya Nomor 19A, Jakarta Pusat, Soto Padang Bunda menyajikan soto dengan tiga pilihan, yaitu soto daging, paru, atau campur. Warna kuahnya cokelat bening dan berisi bihun, dendeng, perkedel kentang, daun bawang, dan tak lupa kerupuk merah. Harga seporsi soto campur Rp 23 ribu dan nasi putih Rp 5 ribu.

4. Nasi Kapau Sabana Asli Hj. Zaidar

Berlokasi di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Nasi Kapau Sabana Asli Hj. Zaidar menyediakan nasi kapau khas Minang dengan hidangan yang cukup lengkap. Di antaranya itik rendang dan itik cabai hijau yang tidak ada di warung masakan Padang lain. Cukup dengan Rp 35 ribu, seporsi itik cabai hijau bisa menjadi santapan.

5. Ketupat Sayur Padang Uda Dena

Ketupat Sayur Padang Uda Dena berlokasi di depan Pasar Matraman Pojok, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Meskipun tidak ada kedai khusus dan papan nama yang tertulis, namun Ketupat Sayur Padang Uda Dena tidak pernah sepi pengunjung. Harga seporsinya murah meriah, hanya Rp 8.500.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.