Nyari Lokasi Wisata Edukasi di Malang? Kesini Aja Yuk, Dijamin Seru!

Sebagai salah satu negara yang kaya akan destinasi wisata, Indonesia tak ada habisnya menyimpan kejutan di semua bagiannya. Wisata Batu Malang salah satunya, daerah ini menjadi salah satu daerah yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Berbagai destinasi wisata bisa kita temukan disini, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, wisata edukasi,, dan lain sebagainya. Tak heran jika banyak wisatawan lokal  hingga mancanegara memilih Batu Malang sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat hari libur tiba. Baru – baru ini, di Batu muncul destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi yaitu Ngukir Wisata Alam.

Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini mengusung konsep liburan yang menyatu dengan alam. Lokasinya berada di Dusung Ngukir, Kelurahan Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Batu, Malang. Meskipun terbilang baru, obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan tiba. Sesampainya di pintu masuk, para pengunjung akan disambut dengan jalanan bebatuan. Meskipun jalannya masih bebatuan, namun tidak bahaya jika dilalui kendaraan roda dua. Karena masih baru, jadi fasilitas yang ada disini belum lengkap hanya saja terdapat beberapa gubuk/gazebo yang bisa digunakan untuk duduk – duduk santai serta beberapa ayunan yang tertata rapi.

Menurut pengelola NWA, kedepannya tanah seluas 2 hektar ini akan dibuat obyek wisata dengan konsep wisata edukasi. Terdapat lahan strawberry, durian, sawo hutan, cepeda yang disiapkan untuk wisatawan yang berkunjung. Jika biasanya para pengunjung hanya berwisata memetik buah, namun disini para pengunjungnya bisa menanam dan memetik buahnya sendiri. Sebelumnya lahan ini merupakan lahan bekas pertanian seperti jeruk dan cengkeh, namun selalu gagal ditanam maka dari itu di tanami pohon kayu suren agar bisa dimanfaatkan untuk membuat gubuk, rumah susuh, rumah kayu dan ayunan.  Selain itu, di sekitar kawasan NWA juga terdapat aktivitas penambang pasir galian C yang nantinya digunakan untuk wahana tubing.

Nantinya jika sudah jadi secara sempurna, Ngukir Wisata Alam akan dijadikan sebagai area bermain anak – anak. Apalagi ada aliran sungai yang bisa digunakan untuk aktivitas rafting dan aliran irigasi. Makanya tempat wisata ini lebih mengarah ke edukasi pertanian. Masih banyak yang akan ditambahkan sebagai pelengkap wahana di sini, seperti camping ground, spot swafoto, dan sebagainya. Tiket masuk ke area ini sebesar Rp 10.000. Tentu lokasi ini dibuat untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Konsepnya desa wisata dengan memberdayakan masyarakat sekitar, dan memanfaatkan lahan kosong.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.