Menengok Berbagai Keindahan Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur Dari Wisata Alam Hingga Wisata Budaya

Banyak wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur terkagum – kagum dengan keindahan alam yang disuguhkan apalagi baru – baru ini NTT menjadi salah satu juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2016. Salah satu pulau yang ada di propinsi NTT yang menawarkan keindahannya adalah Pulau Alor, jadi jika berkunjung kesini sempatkanlah untuk berkunjung ke Pulau Alor. Namanya memang sangat singkat “Alor” namun siapa sangka jika pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Di pulau ini, kamu dapat menemukan berbagai wisata alam, wisata budaya, hingga kekayaan bahasa yang tak akan ada habisnya untuk kamu nikmati keindahannya. Pulau Alor terletak di timur Flores atau biasa dikenal dengan Pulau Seribu Moko. Meskipun pulau ini letaknya berada di wilayah terluar Indonesia dan berbatasan langsung dengan Timor Leste namun keindahan Pulau Alor tak perlu diragukan lagi.

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam nya saja namun pulau yang satu ini juga menawarkan wisata budaya dan wisata kuliner yang luar biasa. Salah satu yang paling eksotik dan populer di Kabupaten Alor adalah Selat Pantar. Keindahan dan keunikan bawah laut Selat Pantar sangat menakjubkan bahkan jika dibandingkan dengan Taman Laut Komodo, Bunaken, Berau dan Raja Ampat, Selat Pantar masih yang terbaik keindahan bawah lautnya. Konon keindahannya bisa disandingkan dengan Kepulauan Karibia yang sering dikunjungi oleh para artis Hollywood. Tercatat ada 50 titik menyelam di kawasan Alor terutama di Selat Pantar. Di kawasan ini kamu bisa menemukan penyelam dari berbagai belahan dunia seperti Amerika, Australia, Austria, Inggris, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki keindahan alam dan pesona bawah lautnya yang sangat menakjubkan, Pulau Alor juga memiliki budaya yang sangat khas yaitu terdapat banyak alat musik moko. Moko merupakan alat musik khas Pulau Alor yang memiliki bentuk mirip dengan gendang namun terbuat dari perunggu dengan motif yang bervariasi. Nah, jika kamu penasaran dan ingin melihat alat musik moko ini maka kamu bisa berkunjung ke salah satu museum di Pulau Alor yaitu Museum 100o Moko. Di museum tersebut kamu dapat melihat langsung berbagai macam kebudayaan khas Pulau Alor. Pulau Alor juga terkenal dengan hasil tenunannya yang sangat menarik bernama Kawate dan bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara, salah satunya adalah Jepang. Di Pulau Alor pernah ditemukan Al-qur’an tertua se – Asia Tenggara.

Untuk dapat pergi ke Pulau Alor, kamu bisa menempuhnya dengan transportasi udara dari Kota Kupang menuju ke kota Kalabahi Alor dengan waktu tempuh penerbangan sekitar 55 menit. Transportasi dikota Kalabahi Alor dapat kita gunakan Mikrolet/Bemo, Bus, Panser/Jeep, Ojek dan juga mobil rental. Untuk penginapan dan makanan kamu dapat memilih beberapa hotel dan restoran yang ada, namun jika mencari hotel berbintang maka kamu tak akan menemukan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.