Jenis Wisata Populer di Indonesia

Wisata di Jogja adalah salah satu lokasi wisata yang banyak digemari. Baik turis dalam negeri ataupun luar negri. Jika Bali, Lombok, dan daerah lain kaya dengan panorama yang indah yang memukau wisatawan, maka Jogja adalah daerah wisata budaya yang memiliki panorama alam yang tidak kalah indah dengan Bali. Banyak Pantai yang bisa anda nikmati di Jogja, selain itu disepanjang jalan di daerah Jogja sekarang sangat kaya dengan aksen aksen budaya yang kental dan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Namun banyak orang mengira bahwa lokasi wisata di yang tersedia hanya itu itu saja, padahal tidak. Masih banyak lokasi wisata di Jogja yang anti mainstem. Selain wisata alam, di Jogja anda juga bisa menikmati wisata lainnya seperti wisata edukasi, wisata budaya dan juga wisata kuliner

Wisata edukasi watu lumbung

Salah satu wisata unik di Jogja yang tidak sekedar menyuguhkan keindahan alam tapi juga sarat dengan nilai nilai moral. Tempat wisata ini didirikan tidak hanya bagi mereka yang ingin menikmati wisata alam tapi juga bagi mereka yang ingin belajar nilai nilai moral seperti kesederhaanaan, mandiri dan cinta alam serta masih banyak lagi.

Bagaimana bisa mempelajarinya? Semua nilai ini dipelajari dengan program program yang diadakan oleh salah satu tempat wisata di Jogja ini. Di tempat wisata ini ada program penanaman tanaman dengan polybag, program pelayanan sesama pengunjung, program mencuci piring bekas makan sendiri dan masih banyak program yang akan membuat kita belajar lebih manusiawi, mencintai diri, sesama dan juga pencipta.

Wisata kuliner ungkrungan

Salah satu wisata di Jogja yang unik lainnya adalah wisata kuliner di daerah Gunungkidul. Namanya adalah ungkrungan. Wisata kuliner unik ini adalah wisata kuliner yang unik dan menarik. Cukup ekstrim bagi mereka yang menyukai tantangan dalam hal makan dan minuman. Bagaimana tidak menantang jika yang anda makan adalah serangga goreng? Ya ungkrungan adalah salah satu menu makanan di Gunungkidul yang menyajikan ulat jati goreng sebagai teman dari sepiring nasi. Rasanya? Baiknya anda mencoba sendiri jika punya nyali.

Memakan serangga adalah suatu bentuk cara bertahan dari masyarakat Gunungkidul. Musim panceklik yang menyebabkan sulitnya mendapat karbohidrat dan juga protein membuat masyarakat Gunungkidul memutar otak dan memanfaatkan alam yang ada disekitarnya. Misalnya dengan konsumsi tiwul dan gatot sebagai sumber karbohhidrat dan memasak serangga seperti belalang dan ulat jati untuk dijadikan sumber protein. Tidak dikira bahwa kebiasaan yang muncul karena keterbatasan ini bisa menjadi sebuah ciri khas yang dicari orang pada zaman modern. Jika anda penasaran, anda bisa mencobanya sambil menikmati Pantai Pantai Gunungkidul yang menawan.

Wisata budaya di Jogjakarta

Pecinta seni? Jangan ngaku hebat jika belum mengunjungi lokasi lokasi wisata budaya di Jogja. Jogja memang terkenal sebagai kota budaya, banyak sekali pertunjukan mengenai seni yang diselenggarakan di Jogja. Mulai dari seni klasik seperti pertunjukan wayang kulit, seni macanegara seperti “Jazz Mben Senen” dan juga seni percampuran seperti Ramayana Ballet. Pertunjukan pertunjukan seni yang lengkap tersebut hanya bisa anda nikmati di Jogjakarta.

Selain pertunjukan seni ada juga lokasi lokasi budaya yang sarat akan sejarah yang bisa anda nikmati di Jogja. Diantaraya adalah Kraton Jogja. Museum Affandi, Museum Sonobudoyo dan masih banyak lagi.  Jika anda masih kurang puas dengan wisata di Jogja berbau seni dan budaya di Jogja yang telah disebutkan diatas, masih ada wisata budaya lain seperti pertunjukan sendratari dan juga gamelan yang merupakan wisata di Jogja asli Indonesia.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.