Weekend Seru di Kampung Cai Ranca Upas

Kota Bandung cukup terkenal dengan pariwisatanya yang mempesona tak heran jika banyak wisatawan dari luar kota Bandung berlibur ke kota yang satu ini. Salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Ranca Upas yang berada di  Bandung Selatan yang menjadi magnet para wisatawan. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Kampung Cai Ranca Upas ini memiliki pemandangan luar biasa indah yang dibuat mirip ranch. Sepanjang mata memandang, kamu hanya akan disuguhi rerumputan hijau dan pepohonan yang tinggi menjualang. Perkampungan ini terletak di tengah – tengah hutan sehingga pemandangan alamnya tidak perlu diragukan lagi pesonanya.

Ranca Upas Kawasan Hutan Lindung

Kampung Cai Ranca Upas sendiri berlokasi di desa Alam Endah Kecamatan Ranca Upas. Lokasi kampung ini kurang lebih 50 kilometer menuju ke Selatan Kota Bandung. Luas lahan Ranca Upas mencapai 215 hektar. Udara yang terasa sejuk di sekitar perkampungan tidak hanya karena banyaknya pepohonan di sekitarnya. Udara perkampungan yang terasa sejuk dan cukup dingin disebabkan karena letak perkampungan yang berada pada 1700 dpl.

Perkampungan ini terletak di dalam kawasan hutan lindung dengan banyak pepohonan langka yang dilindungi habitatnya. Beberapa koleksi pohon – pohon langka yang jarang sekali dapat kamu temui antara lain pohon Puspa, pohon Hamirung, Pasang, Kurai, Huru, Jamuju, Kitambang hingga Kihujan. Pohon – pohon langka ini dibiarkan tumbuh tinggi menjulang hingga membuat udara sekitar perkampungan semakin segar.

Tidak hanya memiliki koleksi puluhan pohon langka, kawasan Ranca Upas ini juga memiliki koleksi satwa yang luar biasa. Koleksi satwa ini dibiarkan hidup bebas di alam terbuka sehingga terjaga kelestariannya. Namun jangan khawatir dengan keselamatan kamu karena koleksi satwa di Ranca Upas. Koleksi satwa mereka adalah adalah satwa-satwa jinak yang tidak akan menyerang manusia melainkan memilih bergantungan di pohon.

Penangkaran Rusa Jawa

Pemandangan alam yang mempesona dengan satwa – satwa liar yang bebas berkeliaran tidak cukup untuk memuaskan para wisatawan. Di Kampung Ranca Upas ini juga dijadikan sebagai pusat penangkaran Rusa Jawa atau Cercus Timoneris. Saat mengunjungi Ranca Upas, kamu dapat sekaligus bercengkerama dengan rusa – rusa yang jumlahnya cukup banyak. Rusa-rusa ini sengaja dibiarkan hidup bebas dan berkeliaran tanpa gangguan.

Kelebihan rusa yang dikonservasi kampung Ranca Upas ini adalah bulunya sangat indah berwarna coklat kemerahan. Hal ini tentunya berbeda dari beberapa rusa yang Anda dapati pada pusat penangkaran lainnya. Awalnya jumlah rusa yang ditangkarkan adalah 11 ekor. Namun perkembangannya, jumlah rusa ini semakin bertambah banyak dengan dilahirkannya beberapa bayi rusa yang tidak kalah cantik dengan induknya.

Anda bisa melihat Rusa Jawa lebih dekat di kampung ini. kamu juga bisa membelainya dan merasakan sendiri bulu-bulunya yang berwarna coklat kemerahan. Beberapa kios wortel dan sayuran sengaja dibuat untuk membantu Anda menyediakan pakan untuk rusa. kamu dapat membeli beberapa wortel dan sayuran untuk memberi makan langsung Rusa Jawa. Di penangkaran rusa Jawa Ranca Upas, kamu dapat sedikit lebih dekat dengan hewan jinak ini.

Kemping Di Ranca Upas

Jika hutan lindung yang lebat dan kawasan penangkaran rusa Jawa tidak cukup membuat Anda menikmati keindahan Ranca Upas, cobalah untuk bermalam. Di perkampungan ini juga sengaja dibuat beberapa hotel untuk memberikan fasilitas akomodasi bagi para wisatawan. Namun bagi Anda yang tidak suka menginap di hotel, Anda harus mencoba untuk kemping dan mendirikan tenda di Ranca Upas.

Kemping di Ranca Upas sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, Anda juga tidak perlu membayar banyak uang untuk sewa sebuah kamar hotel. Lokasi kemping dapat Anda pilih di manapun selama lokasi tersebut aman ditinggali. Anda dapat mendirikan tenda di dekat danau atau di lokasi lainnya yang menurut Anda paling nyaman.

Biasanya pemadangan malam di Ranca Upas sangat luar biasa terutama saat Anda memandang ke atas langit malam yang penuh bintang. Jika Anda terlalu berat membawa bawaan, keperluan kemping seperti tenda dan sleeping bed dapat Anda sewa pada beberapa toko yang menyediakan. Dengan harga sewa yang sangat terjangkau, Anda dapat menikmati keindahan malam di wisata Bandung Selatan Ranca Upas.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.