Walaupun Jarang Terekspose, Namun Kota Ini Memiliki Destinasi Wisata yang Mempesona

Saat pertama kali mendengar Kota Pangkalan Bun mungkin agak sedikit asing terdengar di telinga. Namun tahukah kamu jika kota ini memiliki beragam destinasi wisata yang terbilang cukup lengkap dan bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata akhir pekan kamu kali ini. Berbagai destinasi wisata mulai dari agrowisata, wisata sejarah, hingga spot foto yang Instagramble juga bisa kamu temukan disini. Mau tahu apa saja dan dimana saja lokasinya? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Agrowisata Desa Kumpai Batu Atas

Di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, kamu bisa menemukan beragam agrowisata yang bisa dikunjungi seperti salah satunya adalah Agrowisata kopi. Disini kamu bisa melihat perkebunan kopi milik warga dan juga bisa belajar bagaimana caranya mengolah kopi. Selain kebun kopi, ada juga kebun jeruk milik warga yang bisa dimanfaatkan untuk memetik buah jeruk sendiri langsung dari kebunnya.

2. Istana Kuning

Istana Kuning yang dimaksud adalah sebuah bangunan indah warisan Kerajaan Kutaringin. Istana ini lokasinya berada tepat di jantung Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Keberadaan Istana Kuning telah menjadi salah satu suguhan wisata daerah yang istimewa untuk disambangi. Arsitektur Istana Kuning yang nyatanya tidak berwarna kuning ini adalah terbuat dari kayu ulin yang terkenal kuat dan banyak dipakai pada bangunan-bangunan tradisional di Kalimantan Tengah. Bangunannya serupa rumah panggung yang megah meskipun terbuat dari kayu ulin yang tidak dicat warna – warni. Ya, memang warna kayunya yang kecoklatan dibiarkan alami tanpa dicat. Di dalam istana tersebut, kamu bisa melihat lukisan raja – raja Kotawaringin serta melihat beberapa replika barang – barang kerajaan.

3. Istana Adipati Mangkubumi

Sekilas Istana Pangeran Adipati Mangkubumi yang terletak di Jalan Paku Negara, Pangkalan Bun sama seperti bangunan tradisional di Kalimantan Tengah (Kalteng) lainnya. Sebab, istana tersebut berbentuk panggung dengan struktur pendukung utama dari bahan kayu, baik dinding maupun lantainya. Seluruh bagian istananya terbuat dari papan kayu ulin, sedangkan bagian atapnya terbuat dari sirap kayu. Istana Adipati Mangkubumi diperkirakan dibangun pada tahun 1850-an. Disana para wisatawan bisa melihat bangunan rumah tradisional peninggalan Kerajaan Kutaringin. Para wisatawan yang datang bisa sekedar berfoto dan mendengarkan sejarah istana tersebut dari pemandu wisata nya.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.