Varian Baru dari Pempek Palembang

Siapa yang tak kenal dengan kuliner khas Palembang yang satu ini yaitu Pempek. Pempek merupakan kuliner yang terbuat dari bahan baku ikan tenggiri dan tepung sagu ini memiliki citarasa yang khas di lidah. Jenis pempek pun beragam yaitu mulai dari pempek lenjer, pempek adaan, pempek kapal selam isi telur hingga pempek pistel. Umumnya pempek jika digoreng berwarna kuning keemasan namun siapa sangka jika saat ini terdapat pempek yang berwarna hitam.

Sekilas pempek ini tak ada bedanya dengan pempek pada umumnya karena bahan baku yang digunakan pun menggunakan ikan hanya saja ikan yang digunakan berbeda yaitu ikan tenggiri merah. Terletak di Jalan Pangeran Ratu, Jakabaring. Palembang terdapat sebuah warung pempek yang menyediakan pempek hitam ini yaitu Pempek Sulthan. Sang pemilik menuturkan jika warna hitam pada pempek tersebut dihasilkan dari ikan tenggiri yang berwarna merah dan ketika diolah maka dengan sendirinya bahan tersebut berubah menjadi kehitaman.

Tak hanya satu bentuk saja, warung ini pun menyediakan pempek dengan berbagai bentuk seperti pempek telur hitam, pempek adaan, pempek rudal hitam, dan lain sebagainya. Memiliki warna yang unik, membuat pempek satu ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Alasan mereka mendatangi warung ini karena penasaran dengan rasa dan bentuk dari pempek hitam tersebut. Harga yang cukup bersahabat dan terjangkau membuat pempek hitam ini banyak peminatnya dibandingkan dengan pempek yang berwarna putih. Pempek di warung ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 2 ribu rupiah.

Kehadiran pempek dengan varian baru perlahan akan mendapatkan tempat di hati para penikmat pempek. Nyatanya hingga saat ini penikmat pempek hitam ini sudah tersebar luas hingga ke wilayah Papua. Pada bulan Ramadhan lalu, warung Pempek Sulthan kebanjiran pesanan hingga ratusan kilogram per harinya. Pelanggannya pun tak hanya dari negara Indonesia saja namun sudah sampai ke mancanegara seperti Belanda. Banyak pelanggan yang memesan pempek hitam ini alasannya karena ikan yang digunakan lebih terasa, disamping itu juga harganya juga lebih murah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.