Tiga Rumah Makan Padang di Jakarta yang Bisa Menjadi Pilihan Kamu Untuk Berwisata Kuliner

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam nya saja yang mempesona,, namun Indonesia juga cukup terkenal dengan kuliner khas nya yang sudah mendunia. Kuliner di Indonesia ini memiliki banyak sekali jenisnya tersendiri dan tentu saja antara satu daerah dengan daerah lainnya memiliki sajian kuliner yang berbeda. Nah, untuk tempat wisata kuliner di Indonesia ini memang banyak sekali jenisnya tersendiri mulai dari Sabang hingga Merauke. Namun ada salah satu jenis masakan khas Indonesia yang sangat mudah kamu temukan di setia daerah yaitu Masakan Padang. Dengan cita rasa yang luar biasa wajar banyak orang yang nggak bisa nolak kelezatan makanan satu ini. Mulai dari anak muda hingga orang tua menjadikan nasi Padang sebagai kuliner terbaik. Berikut ada tiga rekomendasi rumah makan Padang di Jakarta yang bisa menjadi pilihan kamu. Diantaranya adalah:

1. Rumah Makan Sepakat

 

Rumah Makan Sepakat menempati lokasi yang cukup strategis yaitu di dekat sebuah pusat perbelanjaan Blok M Square. Untuk menemukan rumah makan ini cukup mudah karena ada spanduk besar bertuliskan ” RM Sepakat ” dengan latar belakang berwarna kuning dan tulisan huruf yang berwarna merah. Karena sudah ada sejak tahun 1967, tak heran jika rumah makan Padang yang satu ini adalah rumah makan Padang tertua di Kota Jakarta. Awal – awal buka lokasi nya berada di Panglima Polim dan rumah makan ini seperti warung yang menjual kue – kue dan nasi bungkus. Namun setelah pindah ke kawasan Blok M Square pada tahun 1969, warung tersebut berubah menjadi Rumah Makan Padang. Menu yang ditawarkan pun beragam mulai dari Gulai Gajebo alias gulai sandung lamur  asam padeh. Kuliner tersebut merupakan salah satu lauk otentik khas Padang yang kini keberadaannya di ancam punah.

2. Rumah Makan Pondok Djaja

Selain RM Sepakat, ada juga RM Pondok Djaja yang sudah berdiri sejak tahun 1969. Pertama kalinya Sjoffian Chaedir sang pemilik membuka gerai pertamanya di Jalan Krekot Bunder, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Namun kini  satu – satunya gerai berada di Jalan Hasyim Ashari No 13 B, Jakarta Barat. Setidaknya ada 15 menu yang tersaji di etalase. Salah satu menu yang paling banyak di cari oleh pelanggannya adalah ayam goreng yang lengkap dengan serundeng yang harum dan khas.

3. Rumah Makan Simay

Bisa dikatakan jika Rumah Makan Simay adalah rumah makan dengan kuliner rendang terenak di Jakarta dan sudah ada sejak tahun 1982. Rasanya yang lezat dan khas merupakan hasil dari resep yang sudah turun temurun.
Pada tanggal 25 Desember 2011, Bu May (sang pemilik) mendapatkan penghargaan pertama sebagai Juara 1 Festival Masakan Khas Minang yang digelar UPTD Anjungan Sumbar TMII. Rendang yang ada di rumah makan ini memiliki ciri khas tersendiri yang dimana menggunakan daging ‘kelapa’ pada sapi dan berwarna merah dengan rasa pedas yang lebih nendang. ‘Kelapa’ merupakan bagian dari daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas. Untuk mencicipi kuliner khas Padang di Rumah Makan Simay, kamu bisa berkunjung ke Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.