Tempat Wisata Kampung Gayem yang Harus Dilestarikan

Pada Provinsi Papua saat ini mulai mengembangkan satu destinasi wisata selain danau Sentani. Objek wisata yang saat ini sedang marak untuk dipromosikan adalah Kampung Gayem. Apabila pengunjung datang dapat menikmati berbagai hal yang ada didalam kampung tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas ada apa saja yang menarik pada Kampung Gayem ini akan dijelaskan berikut ini:

1. Keunikan Burung Cendrawasih
Salah satu satwa langkah yang ada di provinsi ini adalah Burung Cendrawasih. Jenis burung ini cantik ini memang hanya hidup di provinsi Papua. Daya tarik yang dimilikinya terletak pada bulu yang memiliki ciri khas dengan warna yang mencolok. Dengan berkunjung di kampung Gayem ini Anda akan disuguhkan dengan berbagai aktivitas dan keunikan dari burung ini. Pada kampung Gayem ini memiliki tempat habitat asli dari burung Cendrawasih dan berbagai jenis burung lainnya di Papua.

2. Pameran di Negara Lain
Sebagai salah satu cara untuk menarik minat pengunjung dengan menjalani serangkaian pamarena. Yang terdekat ada jenis pameran yang diikuti berada di negara Singapura. Pameran akan diadakan pada tanggal 16- 18 April. Tujuannya tentu saja untuk memperkenalkan keunikan Kampung Gayem di mata dunia dan menarik wisatawan datang ke Papua. Sehingga dapat memaksimalkan devisa negara untuk kemakmuran rakyat Papua khususnya. Tema yang diangkat yaitu Kampung Petualang atau Land of Adventure.

3. Kemudahan saat Berkunjung
Kesiapan akan tempat wisata ini dapat dilihat dari adanya kemudahan mengenai adanya lima orang pemandu wisata yang ada di Provinsi Papua. Bahkan pemandu wisata akan memberikan informasi mengenai alat transportasi yang digunakan untuk sampai ke tempat tujuan. Informasi yang akan didapatkan yaitu waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Kampung Gayem tersebut. Apabila menggunakan kendaraan roda empat maka akan menempuh perjalanan selama satu jam lebih dari Sentani dan tentunya berbagai informasi lainnya.

4. Kemudahan Turis Asing
Dalam menikmati keindahan Kampung Gayem kemudahan yang diberikan tak hanya pada turis dalam negeri saja. Kemudahan lainnya didapatkan dari adanya satu orang penerjemah. Penerjemah ini diharapkan dapat membantu turis asing dalam mendapatkan berbagai informasi dalam kampung tersebut. Selama satu tahun terakhir ini totalnya ada tiga ratus orang datang ke tempat wisata ini. Ada banyak hal menarik yang ditawarkan dari tempat wisata Kampung Gayem antara lain:

• Turis akan melihat berbagai jenis burung yang ada di Kampung Gayem.
• Pengunjung yang datang akan diajak ke kolam kali biru yang menarik.
• Anyaman noken pun akan diperlihatkan kepada para turis. Noken dibuat dari akar kayu yang ada didapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar. Biasanya menganyam noken berada di rumah adat warga sekitar kawasan tersebut.

5. Upaya yang dilakukan untuk memajukannya
Dalam meningkatkan pengunjung dari tahun ke tahun tentu saja dibutuhkan beberapa upaya yang harus dilakukan untuk memajukannya. Beberapa cara yang sebaiknya dilakukan adalah membuat jenis – jenis kegiatan wisata, akomodasi, penginapan, promo paket wisata yang mudah dijangkau wisatawan dan masih banyak lainnya.

Namun dalam satu bulan terakhir ini memang dirasakan adanya minim pengunjung yang datang. Hal ini dapat diketahui dari adanya berbagai informasi. Misalnya saja informasi yang didapatkan dari pelukis kulit kayu, nelayan dan penumpang yang menggunakan jasa pemilik kapal. Dengan berbagai kendala yang hadir tentu saja memunculkan salah satu penyelesaian dalam masalah ini. Penyelesaian yang dilakukan dengan mengirimkan promosi kebudayaan yang mengirimkan penari dari sanggar tari Hanong ke Berlin, Jerman.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.