Nyari Tempat Wisata di Lampung? Simak Ulasannya Berikut Ini Yuk!

Berbagai obyek wisata bisa kita temukan di setiap daerah di Indonesia seperti pegunungan hingga laut cantik yang siap mengisi hari libur kamu seperti salah satunya adalah Provinsi Lampung. Lampung merupakan sebuah provinsi yang terletak di sebelah ujung timur Pulau Sumatera.  Selama ini Lampung terkenal dengan penghasil kopi dan lada, namun ternyata provinsi ini juga memiliki banyak tempat – tempat wisata yang bernuansa alam yang tak kalah dengan wisata di kota besar seperti  Bandung, Jogja, Makassar, ataupun kota besar lainnya. Nah, mau tahu dimana saja lokasi wisata di Lampung? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu Taman Nasional tertua di Indonesia yang berada di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.  Tidak hanya menyandang gelar sebagai Taman Nasional tertua, Way Kambas juga merupakan Taman Nasional yang terluas di Indonesia yaitu sekitar 130.000 hektar. Kawasan hutan TNWK merupakan habitat alami untuk beberapa hewan yang saat ini sudah terancam punah, yaitu gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera dan tapir. Selain itu juga terdapat aneka jenis reptil seperti ular, labi – labi, buaya muara dan kura – kura. Juga terdapat aneka macam burung seperti beo, rangkong, elang laut dan burung kuntul putih.

2. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau ini menyimpan potensi keindahan alam yang menakjubkan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai trekking dari tepi pantai menuju ke Gunung Krakatau melewati hutan. Saat trekking melewati hutan, akan melihat keindahan hutan dengan latar pemandangan Gunung Anak Krakatau. Untuk bisa mencapai Gunung Anak Krakatau, bisa menggunakan transportasi laut, seperti speed boat atau kapal kayu nelayan dari Kalianda (Lampung Selatan) atau Anyer (Banten) Akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam jika ombak relatif lebih kecil.

3. Teluk Kiluan

Meskipun lokasinya yang tersembunyi di ujung Pulau Sumatera atau sekitar 80 Km dari pusat kota, namun obyek wisata ini menjadi salah satu obyek wisata yang selalu diincar oleh wisatawan. Disini kamu bisa melihat atraksi lumba – lumba yang melompat di perairan terbuk layaknya di Pantai Lovina, Bali. Berbagai jenis lumba – lumba yang bisa kamu lihat seperti lumba – lumba jenis hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba – lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Nah, jika ingin melihat lumba – lumba ini beratraksi maka kamu bisa berangkat pukul 06.00 pagi dengan menggunakan kapal ketinting dan lama perjalanan menuju tengah laut sekitar 1 jam. Nah, jika sudah ke tengah laut siap-siaplah untuk dapat kejutan siapa tahu lumba-lumba ini muncul berenang di samping kapal ketinting.

4. Pantai Tanjung Setia

Pantai tanjung setia terletak di sepanjang Pantai Barat, Lampung, yang berada di dekat dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, berlokasi sekitar 273 Km atau menempuh perjalanan hingga 6-8 jam dari Bandar Lampung, di desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat. Pantai tanjung setia ini merupakan pantai yang berada di jalur arus besar Samudera Hindia yang menjadikan pantai memiliki ombak yang relatif konstan.  Menjadi salah satu pantai yang masih jarang dikunjungi orang membuat pantai ini sebagai  salah satu pantai yang disebut mutiara tersembunyi serta faktor lokasinya yang terpencil dan strategis. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan mulai dari berselancar, berenang, menyelam, berperahu, berlayar, snorkeling, memancing, berjemur matahari, menyusuri pantai, mengumpulkan karang dan berfoto.

5. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan – Terbentang lebih di tiga provinsi Sumatera yaitu: Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Bersama dengan Gunung Leus dan Kerinci Seblat, taman nasional gabungan membentuk Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera yang ditorehkan dalam dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO yang membentang di sepanjang barat pulau.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.