Surganya Gunung Semeru yang Berada di Ketinggian 3.676 Mdpl

Gunung Semeru ini merupakan gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Selain untuk pendakian para pendaki yang ingin menggapai puncak abadi para dewa, Gunung Semeru juga menjadi tujuan penikmat alam. Keindahan pegunungan mulai dari hutan, savana dan danaunya kini menjadi tujuan utama selain Puncak Mahameru. Di sekitar area Gunung Semeru terdapat beberapa danau yang selalu menjadi tujuan penikmat alam seperti salah satu nya adalah Danau Ranu Kumbolo.

Surganya Gunung Semeru, itulah sebutan untuk Danau Ranu Kumbolo di kalangan para pendaki. Danau Ranu kumbolo merupakan salah satu tempat bermalam favorit yang terletak di bawah 4 pos pendakian Gunung Semeru dengan ketinggian 2.400 mdpl dan bisa ditempuh selama 4 jam pendakian normal dari Ranu Pane. Letaknya yang berada di jalur pendakian menuju Gunung Semeru menjadikan Danau Ranu Kumbolo termasuk ke dalam Taman Nasional Tengger Semeru. Berbagai keindahan alam bisa kamu lihat ketika singgah di Danau Ranu Kumbolo. Kondisi air nya yang melimpah serta udara nya yang segar membuat tempat ini sangat cocok untuk kamu yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan.

Selain itu juga, Danau Ranu Kumbolo adalah tempat favorit untuk melihat sunrise. Saat matahari mulai terbit diantara dua bukit hijau dan sinarnya membias pada air telaga, itu adalah saat yang ditunggu para pecinta alam yang sedang bermalam di sekitar Danau Ranu Kumbolo. Apalagi ketika kabut turun berpadu dengan air danau. Para pendaki bisa menikmati keindahan alam Danau Ranu Kumbolo dari atas Bukit Cinta, karena semakin tinggi dan semakin jauh mata memandang maka pemandangan alamnya akan semakin indah. Meskipun akses menuju Ranu Kumbolo terbilang cukup sulit untuk dijangkau, akan tetapi hal  tersebut menjadi bagian dari petualangan mereka untuk singgah dan menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri.

Kelebihan dari Danau Ranu Kumbolo

Meskipun Danau Ranu Kumbolo bukan menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur, tetapi destinasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melakukan pendakian menuju Puncak Mahameru. Namun tahukah kamu jika Danau Ranu Kumbolo memiliki keistimewaan tersendiri di bandingkan dengan destinasi wisata lainnya? Akses yang dilalui cukup sulit untuk dijangkau dan hal tersebut menjadi salah satu tantangan bagi para pendaki yang ingin menuju kesana. Lokasi nya yang tidak terlalu ramai akan serasi untuk menikmati keindahan alam di Danau Ranu Kumbolo. Cerita – cerita mistis dan penuh misteri selalu meliputi Danau Ranu Kumbolo ini. Walaupun begitu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung khususnya di kalangan para pedaki yang akan menuju jalur pendakian ke Gunung Semeru.

Danau Ranu Kumbolo Semeru

Saat ini sudah banyak bermunculan paket – paket wisata yang berkaitan dengan Danau Ranu Kumbolo. Paket wisata tersebut memiliki sasaran untuk kalangan anak muda terutama bagi mereka yang sangat senang dengan mendaki gunung dan pecinta alam. Selain menantang, kegiatan mendaki juga menjadi hal yang populer bagi para anak muda saat ini. Tanpa melakukan pendakian ke Gunung Semeru pun, menikmati Danau Ranu Kumbolo juga tidak ada salahnya. Saat malam hari tiba, gugusan bintang yang terlihat sangat jelas akan membuat mereka yang menikmatinya lupa untuk memejamkan mata karena keindahan panorama langit malam yang tiada tara di kawasan Danau Ranu Kumbolo Semeru.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.